Terobosan di Liechtenstein, Perdana Menteri Ingin Warga Bayar Layanan Pemerintah dengan Bitcoin!

Terobosan di Liechtenstein, Perdana Menteri Ingin Warga Bayar Layanan Pemerintah dengan Bitcoin!

Liechtenstein, negara kecil di Eropa yang memiliki 38.441 penduduk per 8 Mei 2023 menurut Worldometer, yang juga dikenal sebagai pusat keuangan dan perbankan, kini tengah mempertimbangkan penggunaan Bitcoin sebagai metode pembayaran untuk layanan pemerintah.

Menurut BeInCrypto, Perdana Menteri Liechtenstein, Adrian Hasler, menyatakan bahwa pemerintah berencana mengizinkan warga negaranya untuk membayar layanan pemerintah menggunakan Bitcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bagaimana Rencana Perdana Menteri Liechtenstein?

rencana erdana menteri iechtenstein
Sumber: Technopark Liechtenstein

Adrian Hasler, Perdana Menteri Liechtenstein, mengemukakan gagasan untuk menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran resmi di negaranya. Pemerintah Liechtenstein saat ini tengah menyusun rencana yang akan mengizinkan warga menggunakan Bitcoin untuk membayar layanan pemerintah, seperti pajak dan biaya administrasi.

Hasler mengatakan bahwa pemerintah Liechtenstein melihat potensi besar dalam teknologi blockchain dan cryptocurrency, terutama Bitcoin, sebagai alat pembayaran masa depan. Oleh karena itu, pemerintah ingin mendukung dan memfasilitasi penggunaan teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari warga Liechtenstein.

Meskipun rencana ini masih dalam tahap awal, Hasler berharap bahwa pemerintah Liechtenstein akan menjadi salah satu negara pionir dalam mengadopsi teknologi blockchain dan cryptocurrency sebagai alat pembayaran resmi untuk layanan pemerintah.

Baca Juga: Zimbabwe Sediakan Token Digital Berbasis Emas dengan Harga Rp146 Ribu

Dampak Terhadap Perekonomian Liechtenstein

negara liechtenstein
Sumber: Coindesk

Penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran resmi di Liechtenstein akan membawa dampak positif bagi perekonomian negara tersebut.

Dengan menjadi salah satu negara pertama yang mengizinkan penggunaan Bitcoin untuk pembayaran pemerintah, Liechtenstein dapat menarik perusahaan dan investor teknologi blockchain ke negaranya.

Selain itu, pemerintah Liechtenstein juga berencana untuk mengembangkan infrastruktur dan peraturan yang mendukung industri cryptocurrency dan blockchain. Langkah ini diharapkan akan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.

Namun, penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran resmi juga menimbulkan tantangan, seperti fluktuasi nilai tukar dan risiko keamanan siber. Oleh karena itu, pemerintah Liechtenstein perlu memastikan bahwa mereka memiliki sistem keamanan yang kuat dan tindakan mitigasi risiko yang efektif untuk melindungi kepentingan warganya.

Baca Juga: Optimism Gunakan Ethereum Attestation Service, untuk Tingkatkan Kepercayaan Pengguna?

Implikasi Global dari Rencana Liechtenstein

Keputusan Liechtenstein untuk mengizinkan Bitcoin sebagai alat pembayaran layanan pemerintah menunjukkan pengakuan yang semakin besar terhadap cryptocurrency di tingkat internasional.

Di sisi lain, keberhasilan rencana Liechtenstein dapat mendorong negara-negara lain untuk lebih serius mengeksplorasi potensi cryptocurrency sebagai alat pembayaran resmi. Hal ini akan membuka peluang bagi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya untuk semakin diterima secara luas di seluruh dunia.

Menurut Blockchain Reporter, penerimaan Bitcoin sebagai alat pembayaran pemerintah juga menuntut perubahan dalam peraturan dan sistem keuangan global. Oleh karena itu, negara-negara yang tertarik untuk mengikuti jejak Liechtenstein harus siap untuk menghadapi tantangan dan mengadaptasi sistem mereka sesuai dengan perkembangan teknologi.

Referensi: