Near Protocol Gandeng Wormhole untuk Komunikasi Berkemampuan Zero-Knowledge Proofs

author:

Near Protocol Gandeng Wormhole untuk Komunikasi Berkemampuan Zero-Knowledge Proofs

NEAR Protocol, blockchain tingkat 1 berbasis proof-of-stake, baru-baru ini mengumumkan kemitraannya dengan Wormhole untuk mendukung jaringan penghubungnya.

Pada hari Selasa (16/5/23), perusahaan mengumumkan bahwa Wormhole akan menjadi jembatan resmi mereka dan juga meluncurkan jembatan Ethereum pertamanya yang didukung oleh zero-knowledge proofs (ZK).

Jembatan NEAR Protocol ke Jaringan Lain Melalui Wormhole

near protocol zk proofs
Decrypt

Kemitraan antara NEAR Protocol dan Wormhole membuka kemungkinan baru dalam jaringan blockchain. Dengan bantuan Wormhole, aset-aset NEAR dapat dengan mudah dijembatani ke lebih dari 20 rantai lain yang telah terhubung. Hal ini tidak hanya memperluas jangkauan NEAR Protocol, namun juga memungkinkan integrasi yang lebih besar dengan berbagai ekosistem blockchain lainnya.

Mekanisme jembatan lintas-rantai biasanya bergantung pada proses verifikasi optimis. Proses ini beranggapan bahwa setiap pesan yang dikirim melalui jembatan dianggap benar kecuali ada bukti penipuan yang valid diajukan selama jendela verifikasi. Namun, metode ini kerap menimbulkan pertanyaan dan keraguan, terutama terkait dengan keamanan dan integritas data.

Proses verifikasi optimis ini sempat menjadi sorotan setelah beberapa insiden peretasan terjadi, termasuk peristiwa hack Ronin Bridge yang merugikan sebesar $625 juta tahun lalu.

Insiden-insiden semacam ini menunjukkan betapa pentingnya memiliki sistem keamanan dan verifikasi yang kuat dan andal dalam jembatan lintas-rantai. Dalam konteks ini, kemitraan antara NEAR Protocol dan Wormhole hadir sebagai solusi yang menjanjikan.

Baca juga: Kolaborasi Bitski dan Ledger, Buat Web3 Jadi Lebih Aman!

Penerapan Zero-Knowledge Proofs oleh NEAR Protocol

NEAR percaya bahwa protokol penghubungan masa depan akan didukung oleh zero-knowledge proofs, sebuah bukti ZK memungkinkan sistem untuk menjalankan transaksi dengan aman tanpa mengungkapkan semua informasi pihak yang terlibat.

Dalam pengumuman kemitraan pada hari Selasa, Wormhole menuliskan

“Kontributor inti Wormhole akan bergabung dengan zPoken dan lainnya di seluruh ekosistem NEAR untuk mengembangkan ZK ringan pertama di dunia yang dapat membuktikan dan memverifikasi keadaan Ethereum dan NEAR tanpa asumsi yang diperlukan oleh jembatan tradisional.”

Pernyataan dari Kepala Operasional Wormhole Foundation

Dan Reecer, Kepala Operasional di Wormhole Foundation, berkomentar

“Kami sangat senang dipilih sebagai jembatan resmi berikutnya untuk NEAR Protocol dalam meluncurkan komunikasi lintas-rantai yang diaktifkan ZK dengan Ethereum. Kami yakin bahwa ini akan menjadi paradigma baru untuk memungkinkan pesan lintas-rantai dan akses negara tanpa kepercayaan di seluruh ekosistem crypto.”

Rincian lebih lanjut tentang perkembangan ini akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang, dengan perusahaan yakin ini akan menandai awal dari paradigma baru untuk memungkinkan pesan lintas-rantai yang tidak memerlukan kepercayaan.

Melalui kemitraan antara NEAR Protocol dan Wormhole ini, komunitas dapat melihat masa depan di mana zero-knowledge proofs menjadi tenaga penggerak utama dalam jembatan blockchain.

Baca juga: CEO OpenAI Persiapkan Ledakan Besar dalam Crypto dengan Pendanaan Rp1,4 Triliun

Dengan memberikan cara yang lebih aman dan transparan untuk melakukan transaksi, ini menandai langkah maju yang signifikan dalam teknologi blockchain.


Referensi: