NEAR Foundation dan Polygon Labs Bersatu untuk Membangun zkWASM, Simak Detailnya!

author:

NEAR Foundation dan Polygon Labs Bersatu untuk Membangun zkWASM, Simak Detailnya!

Dalam dunia yang semakin digital, dua raksasa teknologi blockchain, NEAR Foundation dan Polygon Labs, telah bergabung untuk membawa revolusi dalam teknologi blockchain. Kolaborasi ini bertujuan untuk membangun zkWASM, sebuah prover zero-knowledge untuk blockchain WASM, yang akan membuka potensi penuh teknologi blockchain.

Kolaborasi yang Mengubah Lanskap Blockchain

NEAR Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Swiss, dan Polygon Labs, sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak untuk arsitektur skalabilitas Ethereum Layer-2, telah mengumumkan kerja sama strategis mereka.

Baca juga: Pembatalan Kesepakatan Crypto $11 Juta, Apa yang Terjadi di Balik Layar NEAR dan Wintermute?

Mereka berencana untuk membangun zkWASM, sebuah prover pengetahuan nol untuk blockchain WASM. Dengan keahlian Polygon Labs dalam teknologi skalabilitas ZK dan keahlian mendalam NEAR dalam runtime WASM, prover zkWASM ini diharapkan dapat memimpin pasar di antara prover WASM lainnya saat diluncurkan tahun depan.

Kolaborasi ini membawa dua tim protokol terkemuka untuk membangun ekosistem Web3 yang lebih aman dan interoperable. Prover zkWASM ini akan membawa NEAR Protocol lebih dekat dengan Ethereum dan memungkinkan rantai WASM untuk memanfaatkan likuiditas Ethereum.

Manfaat Teknologi Zero-Knowledge

Sumber: Crypto Economy

Teknologi zero-knowledge memungkinkan transaksi yang efisien dan hemat biaya dengan jaminan keamanan maksimal, membuka potensi penuh pengetahuan nol untuk masa depan multichain Web3.

Dengan prover zkWASM, rantai WASM akan dapat menyelesaikan transaksi dengan efisien dan hemat biaya dengan jaminan keamanan maksimal. Prover zkWASM akan menjadi peningkatan bagi validator NEAR – alih-alih melakukan pekerjaan keras dalam memvalidasi shard, validator akan dapat menghasilkan bukti pengetahuan nol tunggal, yang sangat menyederhanakan persyaratan validator.

Ini berarti skalabilitas yang lebih baik dan peningkatan desentralisasi untuk Protokol NEAR.

“Kami bangga dapat berkolaborasi dengan NEAR dalam inisiatif penelitian yang menarik ini untuk mendorong pengembangan dan adopsi teknologi ZK lebih jauh. Prover zkWASM memaksimalkan kemampuan penyesuaian pengembang, yang berarti proyek akan dapat memilih dari sejumlah prover saat membangun dengan CDK, baik itu meluncurkan atau memigrasi rantai EVM, atau membangun rantai WASM untuk penyelarasan Ethereum yang lebih dekat dan akses ke likuiditas,” kata Sandeep Nailwal, salah satu pendiri Polygon.

Baca juga: Polygon Luncurkan ‘Chain Development Kit’ untuk Jaringan Berbasis Zero-Knowledge di Ethereum!

Masa Depan Blockchain

Prover zkWASM saat ini sedang dalam pengembangan aktif dan diharapkan akan diluncurkan tahun depan. Kolaborasi ini menunjukkan bagaimana dua organisasi dapat bekerja sama untuk mendorong inovasi dan adopsi teknologi blockchain.

Dengan memanfaatkan keahlian masing-masing, NEAR Foundation dan Polygon Labs berharap dapat membawa manfaat bukti pengetahuan nol tidak hanya untuk NEAR tetapi juga untuk seluruh Web3.

Secara keseluruhan, kolaborasi antara NEAR Foundation dan Polygon Labs ini menunjukkan betapa pentingnya inovasi dan kerja sama dalam dunia teknologi blockchain. Dengan membangun prover zkWASM, mereka berharap dapat membuka potensi penuh teknologi blockchain dan membawa manfaat ini ke pengguna di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: