NEAR Foundation Bersaing dengan Celestia untuk Revolusi ‘Data Availability’ Ethereum Rollups!

author:

NEAR Foundation Bersaing dengan Celestia untuk Revolusi ‘Data Availability’ Ethereum Rollups!

NEAR Foundation, organisasi nirlaba pendukung Near Protocol, telah memasuki persaingan untuk menciptakan solusi ‘data availability’ baru yang bertujuan untuk mengurangi beban Ethereum dalam menyimpan dan menyiarkan data.

Dengan pengumuman peluncuran ‘NEAR DA’, mereka menjanjikan biaya penyimpanan data yang jauh lebih murah, hingga 8.000 kali lebih rendah dari Ethereum.

Persaingan di Pasar Data Availability

‘NEAR DA’ dirancang untuk menjadi alternatif bagi data yang dihasilkan oleh jaringan yang berkembang pesat atau blockchain pendukung dan jaringan ‘layer-2’ yang bekerja di atas Ethereum. Ini mirip dengan Celestia, jaringan baru yang diluncurkan minggu lalu bersamaan dengan airdrop token TIA yang menarik perhatian. NEAR DA menawarkan keuntungan langsung bagi pendiri Web3 yang mengeksplorasi lanskap pengembangan blockchain modular.

Menurut rilis pers, biaya untuk optimistic rollup, jenis jaringan layer-2, untuk memposting 100 kilobyte calldata di Ethereum adalah sekitar $26,22, berbanding dengan hanya $0,0033 untuk jumlah data yang sama di Near Protocol. Ini menunjukkan potensi signifikan untuk penghematan biaya bagi pengembang dan pengguna.

Baca juga: NEAR Foundation dan Polygon Labs Bersatu untuk Membangun zkWASM, Simak Detailnya!

Dampak bagi Pengembang dan Pengguna

prediksi harga near 2023
Sumber: Near Protocol

Pengguna awal ‘NEAR DA’ termasuk Madara by Starknet, Caldera, dan Movement Labs. Pengumuman ini disampaikan dalam konferensi tahunan perusahaan di Lisbon, Nearcon. Dengan biaya yang sangat kompetitif, NEAR DA dapat mempercepat adopsi Ethereum rollups dengan menyediakan solusi yang lebih efisien dan ekonomis.

Selain NEAR DA dan Celestia, kompetitor lain seperti Avail juga berencana untuk meluncurkan pada awal 2024 dan saat ini sedang menjalankan berbagai jaringan uji. Persaingan ini menandakan kemajuan penting dalam pengembangan infrastruktur yang mendukung skalabilitas dan efisiensi blockchain.

Pada akhirnya, NEAR Foundation telah mengambil langkah besar dalam upaya mereka untuk mendukung ekosistem Ethereum. Dengan ‘NEAR DA’, mereka tidak hanya menawarkan solusi yang lebih terjangkau, tetapi juga membuka peluang bagi pengembang untuk menciptakan aplikasi yang lebih baik dengan biaya yang lebih rendah.

Ini bisa menjadi titik balik dalam evolusi jaringan Ethereum dan pengembangan aplikasi terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: