Perangi Kejahatan Crypto, NCA Inggris Perketat Regulasi dengan Perekrutan Investigator Baru

author:

Perangi Kejahatan Crypto, NCA Inggris Perketat Regulasi dengan Perekrutan Investigator Baru

Dalam upaya untuk memerangi meningkatnya kejahatan terkait crypto di Inggris, National Crime Agency (NCA) telah memperluas tim investigasi aset digitalnya. Dengan perekrutan posisi-posisi senior dan peningkatan regulasi, NCA berharap dapat menangani tantangan yang ditimbulkan oleh industri crypto yang berkembang pesat.

NCA Rekrut Investigator dengan Gaji Rp744 Juta

nca inggris rekrut investigator crypto
Sumber: Financial Times

NCA, dalam upayanya untuk memerangi kejahatan crypto, tengah merekrut empat investigator senior untuk Tim Kejahatan Keuangan Kompleksnya. Mereka akan fokus pada penipuan kripto kelas atas, pencucian uang, dan kejahatan lain yang didukung oleh blockchain yang dilakukan oleh kelompok kejahatan terorganisir.

Baca juga: Pemerintah Inggris Perketat Aturan Crypto, Bakal Tindak Tegas Crypto Ilegal!

Investigator-investigator ini akan bekerja sama dengan tim pengawasan dan kepolisian London. Mereka akan berkolaborasi dengan tim lain untuk mengembangkan kasus-kasus kompleks dengan menggunakan data dan bukti dari berbagai sumber.

Menurut laporan, pada tahun 2022, penipu crypto berhasil mencuri setidaknya $287 juta di Inggris. Hal ini menunjukkan urgensi dari perekrutan ini. Sebagai catatan, gaji untuk posisi ini berkisar antara £34,672 (Rp673 juta) hingga £38,314 (744 juta).

Peningkatan Regulasi Crypto di Inggris

Lebih lanjut, Inggris sedang meningkatkan upayanya dalam mengatur industri crypto. Hal ini sejalan dengan implementasi MiCA oleh Uni Eropa yang akan memberlakukan aturan crypto yang lebih jelas pada tahun 2024.

Komite House of Commons di Inggris baru-baru ini membandingkan perdagangan dan investasi dalam aset crypto yang tidak didukung dengan perjudian. Namun, H.M. Treasury tidak setuju dengan proposal tersebut.

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, telah menyatakan niatnya agar Inggris menjadi pusat crypto global. Sebuah survei terbaru menunjukkan bahwa 91% responden di Inggris mengetahui tentang crypto.

Baca juga: Guna Melindungi Aset Digital, Komisi Hukum Inggris Merekomendasikan Kategori Baru!

Inggris sebagai Pemimpin Pertumbuhan Industri Crypto

Industri crypto di Inggris mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Sebuah laporan dari tahun 2021 menemukan bahwa Inggris memimpin pertumbuhan global di sektor ini dengan pertumbuhan sebesar 450%, mengungguli negara-negara seperti AS dan Jepang.

Dengan pertumbuhan yang pesat ini, kebutuhan akan regulasi yang ketat dan tim investigasi yang kompeten menjadi semakin mendesak.

Posisi-posisi yang dibuka oleh NCA, seperti Digital Assets Disclosure Officer dan Digital Assets Cryptocurrency Financial Investigations Manager, menunjukkan komitmen serius Inggris dalam menghadapi tantangan ini.

Pada akhirnya, dengan langkah-langkah yang diambil oleh NCA dan pemerintah Inggris, diharapkan kejahatan crypto dapat ditekan dan industri crypto dapat berkembang dengan aman dan teratur. Ini menunjukkan komitmen Inggris dalam memastikan bahwa teknologi crypto dapat dimanfaatkan untuk kebaikan, sambil meminimalkan risiko bagi masyarakatnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: