Detik-Detik Menegangkan, Nasib Coinbase di Tangan Pengadilan!

Detik-Detik Menegangkan, Nasib Coinbase di Tangan Pengadilan!

Kabar terbaru dari dunia crypto menyita perhatian, dimana pertarungan hukum antara Coinbase dan SEC akan memasuki babak baru. Pada tanggal 17 Januari, sidang penting akan digelar untuk menentukan masa depan regulasi crypto. Nidhi Kolhapur, seorang jurnalis crypto yang bersemangat, membagikan pandangan tentang empat skenario yang mungkin terjadi dalam sidang tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penolakan Atas Mosi Coinbase

total volume coinbase
Sumber: CNBC

Jika hakim menolak mosi yang diajukan oleh Coinbase, SEC akan melanjutkan kasus ini ke fase penemuan bukti yang panjang. Hal ini akan menyerupai kasus yang dihadapi Ripple sebelumnya. SEC memiliki standar plausibilitas yang rendah yang harus dipenuhi untuk melanjutkan kasus.

Dalam skenario ini, Coinbase akan menghadapi proses hukum yang berlarut-larut. Hal ini akan menguras waktu dan sumber daya, serta berpotensi memberikan dampak negatif terhadap reputasi dan operasional perusahaan.

Baca Juga: Coinbase Bersiap Gempur Pasar dengan ETF Bitcoin, Ini Strateginya!

Pengabulan Mosi dengan dan tanpa Prasangka

Keputusan menguntungkan bagi Coinbase adalah jika hakim mengabulkan mosi dengan prasangka, yang akan mengakhiri kasus ini sepenuhnya. Namun, SEC kemungkinan akan mengajukan banding ke Pengadilan Banding Sirkuit Kedua.

Jika mosi dikabulkan tanpa prasangka, SEC diberi kesempatan untuk memperbaiki keluhan mereka. Namun, jika pengadilan mempertanyakan kewenangan SEC dalam mengatur bursa crypto, perbaikan tersebut mungkin tidak akan berarti.

Baca Juga: Laporan Hasil Q3 Coinbase Kejutkan Pasar, Bagaimana Perjalanannya?

Keputusan Parsial dan Dampaknya

Hakim mungkin juga memutuskan untuk mengabulkan mosi untuk klaim tertentu yang berkaitan dengan token crypto tertentu, sementara menolaknya untuk yang lain. Ini akan memecah kasus menjadi beberapa fokus yang berbeda, seperti layanan staking.

James Murphy, analis hukum, mengindikasikan bahwa meskipun keputusan langsung tidak diharapkan, hakim mungkin memberikan petunjuk melalui pertanyaan-pertanyaannya. Dia berencana untuk hadir di pengadilan dan akan membagikan pandangannya tentang hasil yang mungkin terjadi setelahnya.

Kesimpulan

Dengan konsekuensi yang signifikan bagi industri crypto, hasil sidang ini sangat ditunggu-tunggu. Keputusan yang akan diambil oleh hakim Failla tidak hanya akan menentukan nasib Coinbase, tetapi juga akan memberikan arah baru bagi regulasi crypto di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi