Revolusi Komunikasi Antariksa, NASA Luncurkan Interface AI ChatGPT!

Revolusi Komunikasi Antariksa, NASA Luncurkan Interface AI ChatGPT!

NASA telah mengembangkan interface berbasis AI ChatGPT untuk berkomunikasi dengan astronotnya, membuka babak baru dalam penjelajahan antariksa. Interface ini dirancang untuk memfasilitasi dan mempercepat komunikasi antara pusat pengendali misi dan astronot yang sedang berada di luar angkasa. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ChatGPT: Kunci Komunikasi Canggih NASA

ai chatbot chatgpt nasa
Sumber: Jagran Josh

Dilansir dari Geek Metaverse, NASA memanfaatkan AI ChatGPT, yang dikembangkan oleh OpenAI, untuk menghasilkan interaksi yang semakin efisien dengan astronotnya. Teknologi ini memungkinkan pusat pengendali misi untuk mengirim pesan ke astronot dalam format teks, yang kemudian diubah menjadi suara oleh sistem AI.

Dengan menggunakan AI ChatGPT, astronot dapat berkomunikasi secara lebih lancar dan cepat. Sebelumnya, komunikasi tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan terkadang bisa mengalami keterlambatan karena berbagai faktor, seperti jarak dan kondisi antariksa.

Baca Juga: Mercedes-Benz Masukkan Teknologi AI ChatGPT ke dalam Mobil, Bakal Seperti Apa?

Manfaat Interface ChatGPT untuk Astronot

Dengan interface baru ini, astronot sekarang dapat melakukan komunikasi dua arah secara real-time dengan pusat pengendali misi. Mereka bisa berbicara langsung dengan sistem AI dan mendapatkan respon seketika, yang sangat berguna terutama dalam situasi darurat.

Selain itu, AI ChatGPT dapat memahami konteks dan tujuan dari pesan yang diterima. Ini sangat membantu astronot untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat dan relevan untuk tugas dan misi mereka.

Baca Juga: ChatGPT dan HBAR Membuka Era Baru dengan Integrasi AI dan Blockchain

Langkah Masa Depan dalam Penjelajahan Antariksa

nasa dan chatgpt
Sumber: Crast.Net

Penggunaan AI ChatGPT oleh NASA menunjukkan potensi teknologi AI dalam mendukung penjelajahan antariksa. Dengan AI, komunikasi menjadi lebih efisien, memungkinkan astronot untuk fokus lebih banyak pada tugas mereka daripada berurusan dengan hambatan komunikasi.

Kemajuan ini juga menunjukkan bagaimana teknologi AI dapat digunakan dalam berbagai sektor dan aplikasi, termasuk penjelajahan antariksa. Ini membuka pintu bagi penemuan dan inovasi baru dalam teknologi dan pengetahuan antariksa.

Dengan pengembangan antarmuka berbasis AI ChatGPT, NASA telah membuka babak baru dalam komunikasi antariksa. Masa depan penjelajahan antariksa tampak semakin cerah dengan adanya AI, yang bukan hanya memfasilitasi komunikasi, tetapi juga membantu dalam penemuan dan inovasi baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: