8 Narasi Crypto Paling Menguntungkan di Q1 2024!

8 Narasi Crypto Paling Menguntungkan di Q1 2024!

Jakarta, Pintu News – Di tengah fluktuasi pasar crypto, narasi memecoin mengejutkan banyak pihak dengan menjadi narasi paling menguntungkan di kuartal pertama 2024. Laporan terbaru dari CoinGecko mengungkapkan bahwa memecoin, bersama dengan tujuh narasi lainnya, telah mencatatkan kenaikan yang signifikan, menarik perhatian investor dan analis di seluruh dunia. Dari memecoin hingga real-world assets, narasi-narasi ini membentuk lanskap investasi crypto yang baru dan dinamis. Simak berita lengkapnya berikut ini!

narasi kripto teratas q1 2024
Narasi kripto teratas pada Q1 2024. Sumber: CoinGecko

Memecoin: Raja Baru Pasar Crypto

memecoin naik 2024
Generated by AI

Memecoin, yang sering dianggap sebagai aset spekulatif, telah mencatatkan kenaikan rata-rata sebesar 1.312,6% di antara 10 memecoin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. BRETT, salah satu memecoin tersebut, mencatatkan kenaikan tertinggi dengan 7.727,6%, diikuti oleh Dogwifhat dengan 2.721,2%. Kenaikan ini menunjukkan bahwa memecoin tidak hanya sekedar lelucon, tetapi juga bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan.

Memecoin tidak hanya menarik perhatian karena kenaikan harganya yang spektakuler, tetapi juga karena kemampuannya untuk menarik komunitas yang aktif dan bersemangat. Kenaikan ini didorong oleh minat investor yang meningkat, seperti yang terlihat dari data Google Trends yang menunjukkan peningkatan pencarian untuk kata “memecoin”.

Real-World Assets: Digitalisasi Aset Fisik

rwa crypto
Sumber: Medium

Real-world assets (RWA) mengambil posisi kedua dengan kenaikan 285,6%, menunjukkan potensi besar dalam tokenisasi aset fisik. Narasi RWA menawarkan jembatan antara dunia fisik dan digital, memungkinkan aset seperti properti dan barang seni untuk direpresentasikan di blockchain.

Tokenisasi aset fisik tidak hanya membuka akses ke pasar baru bagi investor, tetapi juga menawarkan likuiditas dan transparansi yang lebih besar. Dengan demikian, RWA menjadi narasi yang menarik bagi mereka yang mencari diversifikasi portofolio crypto mereka dengan aset yang lebih tangguh.

Baca Juga: 5 Altcoin yang Wajib Kamu Pantau di April 2024!

Kecerdasan Buatan (AI): Revolusi Teknologi di Crypto

kelas metaverse pakistan
Generated by AI

Kecerdasan buatan (AI) menduduki posisi ketiga dengan kenaikan 222%, menandakan integrasi yang semakin dalam antara teknologi AI dan blockchain. Token AI seperti AIOZ Network dan Fetch.ai memimpin kenaikan, menunjukkan minat yang tumbuh dalam pemanfaatan AI dalam ekosistem crypto.

Integrasi AI dalam crypto tidak hanya meningkatkan efisiensi dan keamanan jaringan, tetapi juga membuka peluang baru dalam pengembangan produk dan layanan yang inovatif. Dengan AI, crypto dapat mencapai tingkat otomatisasi dan personalisasi yang belum pernah ada sebelumnya.

DeFi: Pertumbuhan Stabil di Tengah Inovasi

3 koin defi crypto
Sumber: Warwick Business School

DeFi mencatatkan kenaikan moderat sebesar 98,9%, menunjukkan pertumbuhan yang stabil di tengah inovasi yang berkelanjutan. Uniswap dan Ribbon Finance termasuk di antara token DeFi dengan kinerja terbaik, menegaskan posisi DeFi sebagai salah satu sektor paling vital dalam ekosistem crypto.

DeFi terus menarik investor dengan menawarkan alternatif terdesentralisasi untuk layanan keuangan tradisional. Dengan meningkatnya adopsi dan pengembangan infrastruktur, DeFi diperkirakan akan terus berkembang dan berinovasi.

Baca Juga: 9 Memecoin yang Berpotensi Meroket 100x di 2024

DePIN: Infrastruktur Fisik Bertemu Crypto

depin crypto
Sumber: Bitcademy

DePIN, yang mewakili infrastruktur fisik yang terdesentralisasi, menunjukkan kenaikan 81%. Arweave dan Livepeer adalah di antara token DePIN dengan kinerja terbaik, menyoroti potensi integrasi teknologi blockchain dalam pengembangan infrastruktur fisik.

DePIN membuka peluang baru dalam pembangunan infrastruktur yang efisien dan transparan, menawarkan solusi inovatif untuk tantangan global seperti konektivitas internet dan penyimpanan data.

Layer-1: Fondasi yang Kuat untuk Ekosistem Crypto

adopsi crypto global di 2023
Generated by AI

Narrative Layer 1 mencatatkan kenaikan 70%, dengan Solana dan Toncoin sebagai token dengan kinerja terbaik. Sebagai fondasi dari ekosistem crypto, blockchain Layer 1 terus berkembang, menawarkan skalabilitas, keamanan, dan efisiensi yang lebih besar.

Pengembangan dan adopsi blockchain Layer 1 yang berkelanjutan akan menjadi kunci untuk mendukung pertumbuhan ekosistem crypto yang lebih luas, memungkinkan pembuatan aplikasi dan layanan baru.

Baca Juga: 8 Cryptocurrency yang Wajib Dibeli Sebelum Bull Run Halving 2024

GameFi: Bermain Sambil Menghasilkan

gamefi crypto
Sumber: Medium

GameFi, yang menggabungkan gaming dengan keuangan terdesentralisasi, mencatatkan kenaikan 64,6%. Echelon Prime dan Gala adalah di antara token GameFi dengan kinerja terbaik, menunjukkan potensi besar dalam penggabungan hiburan dengan peluang penghasilan.

GameFi terus menarik perhatian dengan menawarkan pengalaman bermain game yang imersif sekaligus memberikan insentif finansial, mendorong adopsi yang lebih luas di kalangan penggemar game dan investor.

Layer 2: Optimasi untuk Masa Depan

crypto layer 2 ancam pasar crypto
Sumber: Limechain

Narrative Layer 2, meskipun merupakan narasi paling tidak menguntungkan dengan kenaikan 39,5%, tetap penting untuk optimasi dan skalabilitas ekosistem crypto. Stacks dan Mantle adalah di antara token Layer 2 dengan kinerja terbaik, menyoroti upaya berkelanjutan dalam mengatasi tantangan skalabilitas blockchain.

Dengan fokus pada peningkatan performa dan pengurangan biaya transaksi, solusi Layer 2 akan terus memainkan peran kritis dalam evolusi ekosistem crypto.

Kuartal pertama 2024 telah membuktikan bahwa ekosistem crypto tetap dinamis dan penuh dengan peluang. Dari memecoin hingga solusi Layer 2, berbagai narasi telah membentuk lanskap investasi yang kaya dan beragam, menawarkan peluang baru bagi investor untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: