Naira Menguat, Dolar Melemah: Apa yang Terjadi?

Naira Menguat, Dolar Melemah: Apa yang Terjadi?

Nilai tukar Naira Nigeria diperkirakan akan mengalami peningkatan yang signifikan. Analis di Goldman Sachs memperkirakan bahwa Naira akan menguat hingga 25% terhadap Dolar AS pada akhir tahun 2024.

Proyeksi serupa juga disampaikan oleh analis di Standard Chartered dan Citigroup Inc., yang memperkirakan Naira akan pulih secara signifikan pada akhir tahun ini. “Dalam kondisi yang lebih baik, kita bahkan dapat menguji level 1.100 Naira per Dolar AS atau lebih rendah,” kata Razia Khan, Kepala Analis Standard Chartered.

Upaya Nigeria Membangun Mata Uangnya

Upaya konsisten Nigeria untuk membangun mata uangnya mulai membuahkan hasil. Naira semakin kuat terhadap Dolar AS. Penguatan Naira didorong oleh berbagai faktor, termasuk upaya pemerintah untuk mendorong kemajuan teknologi dan ekonomi guna menarik minat asing.

Baca Juga: MicroStrategy Bergegas Menambah Kekayaan Bitcoin dengan Penawaran Utang $525 Juta!

Selain itu, Khan mengatakan kepada Bloomberg bahwa beberapa “tunggakan valas telah diselesaikan, kebijakan moneter telah diperketat, dan mekanisme transmisi kebijakan sekarang lebih efektif.” Kepemimpinan Presiden Tinubu juga turut memberikan kontribusi terhadap penguatan Naira.

Tinubu telah melakukan berbagai perubahan administratif, termasuk upaya untuk membebaskan Naira dan meningkatkan “likuiditas Dolar lokal.” Perubahan tersebut terutama mencakup perbaikan administrasi bank sentral dan peninjauan ulang di bawah gubernur Olayemi Cardoso.

Dolar AS Terancam dari Segala Sisi

masa depan dolar as
Sumber: Reuters

Penguatan mata uang multipolar kini memberikan pukulan langsung terhadap dominasi Dolar AS. Dolar AS menghadapi volatilitas ekstrem dan ketidakpastian dari berbagai bidang keuangan utama. BRICS akan meluncurkan mata uang baru dan kita akan hidup di dunia multipolar tanpa status mata uang cadangan Dolar AS.

Kita harus bekerja untuk apa yang kita konsumsi seperti semua negara lain. Kita belum pernah mengetahui kenyataan ini sebelumnya. Menakutkan. Selain itu, dengan menguatnya aliansi BRICS dan seruan untuk mengakhiri penggunaan Dolar AS yang digaungkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Dolar AS kini berada pada posisi yang lebih lemah.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa jika produsen minyak di Timur Tengah berhenti menggunakan Dolar AS, itu akan menjadi akhir dari Dolar AS.

Tantangan dalam Memperbaiki Masalah Nilai Tukar Mata Uang Nigeria

mata uang nigeria dinilai rendah
Financial Times

Kebijakan nilai tukar mata uang asing Nigeria telah lama sejelas minyak mentah yang menopang ekonomi terbesar di Afrika ini. Bisnis dan investor harus menghadapi berbagai nilai tukar, pernyataan yang saling bertentangan dari para pejabat, dan perbedaan pendapat antara bank sentral dan kementerian keuangan tentang bagaimana Naira harus dikelola.

Presiden Bola Tinubu, yang menjabat pada bulan Mei 2023, berjanji untuk merombak rezim mata uang dengan tujuan menarik lebih banyak investasi, tetapi prosesnya tidak berjalan mulus. Nilai Naira telah jatuh, dan terus diperdagangkan dengan diskon di pasar paralel karena Dolar AS kekurangan pasokan.

Nigeria adalah produsen minyak terbesar di Afrika, yang menyumbang lebih dari 90% pendapatan valuta asing. Penurunan harga minyak mentah mulai tahun 2014 menyebabkan tekanan ekonomi.

Penutup

Penguatan Naira terhadap Dolar AS merupakan hasil dari berbagai upaya pemerintah Nigeria untuk membangun mata uangnya. Namun, Dolar AS masih menghadapi tantangan dari berbagai sisi, termasuk menguatnya mata uang multipolar dan seruan untuk mengakhiri penggunaan Dolar AS.

Di sisi lain, Nigeria menghadapi tantangan dalam memperbaiki masalah nilai tukar mata uangnya, yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti kebijakan nilai tukar yang tidak jelas, kekurangan pasokan Dolar AS, dan perbedaan pendapat antara bank sentral dan kementerian keuangan.

Baca Juga: VeChain (VET) di Akhir Maret: Antara Harapan dan Realita

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi