Skandal di Pasar Valuta Asing: Mata Uang Nigeria Anjlok Drastis! Nigeria Lirik Crypto?

Skandal di Pasar Valuta Asing: Mata Uang Nigeria Anjlok Drastis! Nigeria Lirik Crypto?

Mata uang resmi Nigeria, naira, baru-baru ini mengalami penurunan drastis terhadap dolar AS, mencapai level terendah sepanjang masa yaitu NGN634 per dolar pada 14 Juni 2023.

Penurunan lebih dari 30% ini terjadi hanya beberapa hari setelah Central Bank Nigeria (CBN) membantah melakukan depresiasi nilai tukar naira menjadi NGN631 per dolar dari sebelumnya NGN470 per dolar.

Keputusan bank sentral untuk membiarkan naira “mengambang” juga datang beberapa minggu setelah Presiden Nigeria, Bola Ahmed Tinubu, berjanji untuk mengakhiri rezim nilai tukar ganda CBN.

Devaluasi Naira

Sebelum penurunan nilai tukar naira oleh bank sentral, CBN telah menjaga nilai tukar naira terhadap dolar di bawah NGN500:USD1 selama lebih dari setahun.

Selama periode yang sama, nilai tukar naira berkisar antara NGN600 dan NGN800 per dolar. Selama periode ini, CBN dilaporkan telah menolak beberapa kali panggilan untuk mendepresiasi naira.

Baca Juga: Gak Sabar Gunakan Teknologi Blockchain, Nigeria Cari Partner untuk Luncurkan eNaira!

Namun, setelah Tinubu menjabat pada 29 Mei 2023, beberapa orang di Nigeria berspekulasi bahwa CBN akan mendepresiasi naira.

Bagi yang lain, penangguhan mendadak Gubernur CBN, Godwin Emefiele, oleh pemimpin Nigeria tersebut membuktikan bahwa Tinubu berniat untuk memenuhi janji pelantikan.

Penjelasan Bank Sentral Nigeria

Bank Sentral Nigeria Menolak Tunduk pada Tekanan
THISDAYLIVE

Sementara itu, dalam cuitan pada 16 Juni 2023, CBN mencoba menjelaskan kepada penduduk dan bisnis Nigeria mengapa mereka membutuhkan nilai tukar valuta asing yang fleksibel.

“Pasar Impor dan Ekspor berfungsi dengan sistem pembeli dan penjual yang bersedia, di mana entitas yang membutuhkan valuta asing mencari entitas lain yang memiliki valuta asing untuk dijual dengan harga yang disepakati melalui dealer yang berwenang,” kata bank sentral.

Baca Juga: Nekat! Nigeria Batasi Tarik Tunai Rp700 Ribuan Per Hari Demi CBDC!

Bank sentral Nigeria juga menyatakan bahwa rezim nilai tukar valuta asing lainnya di negara tersebut akan “berhenti ada”.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: