Gak Pakai Ribet, Sekarang Nabung di Bank Bisa Lewat Metaverse

author:

Gak Pakai Ribet, Sekarang Nabung di Bank Bisa Lewat Metaverse

Ambisi Korea Selatan terhadap perkembangan dunia Metaverse memang tidak bisa diragukan lagi. Setelah mengeluarkan dana sebesar Rp3 miliar untuk ekosistem Metaverse, beberapa perusahaan besar Korea Selatan juga sudah banyak meluncurkan Metaverse, termasuk bank terbesar Korea Selatan, Woori Bank, yang baru-baru ini meluncurkan Metaverse. Wah, gimana ya cara kerjanya? Simak sampai habis!

Layanan Bank di Metaverse

Metaverse Caliverse
Sumber: Pixabay

Dilansir GeekMetaverse (14/1/23), Woori Bank telah meluncurkan layanan perbankan Metaverse yang dibuat untuk membantu usaha kecil. Dengan demikian, raksasa perbankan komersial Korea ini bergabung dengan daftar lembaga keuangan yang meluncurkan pengalaman Metaverse bagi penggunanya.

Layanan Woori Bank di Metaverse akan menawarkan pengalaman yang bisa diakses melalui komputer ataupun perangkat seluler. Layanan ini akan bekerja dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Caggihnya lagi, menurut salah satu perwakilan Bank Woori dalam siaran persnya mengatakan layanan bank Metaverse ini memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan supervisor pusat tentang pinjaman yang didukung otoritas, evaluasi distrik bisnis dan wilayah mereka, serta membantu dalam mengembangkan berbagai rencana perusahaan.

Selain itu, menurut laporan GeekMetaverse, layanan Metaverse baru ini merupakan peningkatan dari pengalaman perbankan 2D Woori, yaitu “Woori Metabranch,” yang kini telah diubah menjadi pengalaman 3D yang imersif.

Pelatihan Karyawan Melalui Metaverse

Tak hanya untuk pelanggan, menurut laporan siaran persnya, Woori yang merupakan salah satu dari empat institusi perbankan komersial dan korporat terbesar di Korea juga berencana untuk menawarkan layanan pelatihan virtual 3D kepada karyawannya di Metaverse. Terkait hal ini, nantinya karyawan dapat menerima pelatihan dan pendidikan dari tamu spesial di ruang digital, yang akan melengkapi beberapa kekurangan dalam pelatihan tatap muka dan non-kontak, dilansir dari NFTGators (13/1/23).

Program pelatihan ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk memperkuat keterampilan digital karyawannya melalui pusat pelatihan IT.

Mengenai pelatihan karyawan ini, seorang pejabat Woori Bank berkomentar,

“Kami berencana untuk secara resmi meluncurkan layanan metaverse pada semester pertama tahun ini, dengan mempertimbangkan feedback dari pengguna. Kami akan menawarkan berbagai layanan berbeda yang dapat dirasakan pelanggan melalui berbagai cara, seperti perangkat XR.”

Jika selama ini teknologi Metaverse memungkinkan perusahaan untuk menawarkan pengalaman 3D yang imersif seperti game, perdagangan, pendidikan dan acara virtual, namun kini, perusahaan yang menawarkan layanan konvensional, seperti perbankan juga ikut serta untuk memanfaatkan ekonomi digital.

Baca juga: Metaverse Next Level! Perusahaan Ini Janjikan Konten Virtual Reality, Bisa Nonton Konser K-Pop?

Banyak Bank yang Gabung ke Metaverse

Layanan keuangan di Metaverse
Sumber: Freepik

Dilansir dari GeekMetaverse (14/1/23), HSBC, Fidelity, Commercial Bank International Uni Emirat Arab, dan Nedbank of South Africa adalah beberapa contoh Bank yang telah meluncurkan pengalaman virtual 3D di Metaverse. Menurut sebuah laporan oleh firma riset pasar McKinsey & Co, beberapa perusahaan layanan keuangan ingin mengambil keuntungan dari peluang yang mungkin akan mencapai $5 triliun pada tahun 2030.

Selain itu, HSBC akan menjadi penyedia layanan keuangan global pertama yang memasuki Metaverse The Sandbox. Sementara itu, Commercial Bank International (CBI), bank korporat dan ritel yang berbasis di Dubai, mengumumkan peluncuran resmi kantor virtualnya di Decentraland, menjadi bank UEA pertama yang hadir di Metaverse.

Tak mau kalah, Bank DBS Asia mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan platform game virtual The Sandbox untuk menciptakan DBS BetterWorld, sebuah pengalaman metaverse interaktif untuk mempromosikan agenda lingkungan, sosial, dan tata kelola. Lebih lanjut, Standard Chartered Bank juga menjadi bank yang saat ini bergabung ke dalam Metaverse.


Referensi: