Museum Musée d’Orsay Gandeng Tezos untuk Menyatukan Seni dan Teknologi Melalui NFT

author:

Museum Musée d’Orsay Gandeng Tezos untuk Menyatukan Seni dan Teknologi Melalui NFT

Musée d’Orsay, yang terkenal dengan koleksi terbesar karya seni Impresionis dan Pasca-Impresionis di dunia, kini berkolaborasi dengan Tezos Foundation untuk memperkenalkan seni berbasis blockchain dan NFT. Melalui kemitraan ini, museum Paris ini berharap untuk menarik audiens baru dan lebih muda.

Menghadapi Tantangan Pandemi

museum prancis bekolaborasi dengan tezos
Sumber: Cryptoflies

Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah memberikan tantangan besar bagi Musée d’Orsay dalam menarik pengunjung. Meskipun banyak yang optimis bahwa komitmen masyarakat Prancis terhadap pencerahan budaya akan memulihkan jumlah pengunjung, realitasnya menunjukkan sebaliknya.

Baca juga: Revolusi Industri Perhotelan, Sleap.io Luncurkan Platform Pemesanan Hotel Berbasis Blockchain!

Dalam menghadapi penurunan drastis pengunjung, terutama dari kalangan muda, museum ini memerlukan pendekatan baru untuk menarik minat dan keterlibatan masyarakat.

Christophe Leribault, presiden baru museum, melihat potensi besar dalam teknologi blockchain dan NFT. Mengingat popularitas dan pertumbuhan cepat NFT dalam dunia seni, Leribault memandangnya sebagai peluang untuk menghubungkan seni klasik dengan generasi digital saat ini.

Dengan menggabungkan tradisi dan inovasi, Musée d’Orsay berharap untuk menciptakan pengalaman yang menarik bagi pengunjung, baik yang datang secara fisik maupun yang berinteraksi secara online.

Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi ini, Musée d’Orsay juga berharap untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu institusi seni terdepan di dunia yang beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Kolaborasi dengan Tezos dan Peluncuran NFT

Program Loyalitas NFT Tezos
Sumber: cryptotimes.com

Untuk memulai kemitraan, Musée d’Orsay akan menawarkan kenang-kenangan digital berbasis blockchain kepada pengunjung pameran mendatang, “Van Gogh in Auvers-sur-Oise: The Final Months”.

Mulai minggu depan, pengunjung dan kolektor online dapat membeli dua kenang-kenangan digital yang terkait dengan pameran tersebut. Kedua karya seni ini akan dicetak di blockchain Tezos dan akan menampilkan elemen bermain yang memberi pemegang kesempatan untuk memenangkan hadiah seperti akses seumur hidup ke Orsay.

Baca juga: Fireblocks Membuka Akses Institusi ke Tezos, Dorongan Penuh untuk Aktivitas DeFi!

Masa Depan Digitalisasi di Musée d’Orsay

Selain proyek NFT, Musée d’Orsay dan Tezos Foundation berencana untuk mengadakan serangkaian konferensi dan program pendidikan selama setahun ke depan. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan pengunjung museum ke teknologi terbaru, termasuk blockchain.

Pada awal 2024 nanti, museum juga berencana untuk mengundang seniman digital yang menggunakan blockchain untuk menciptakan koleksi NFT yang terinspirasi dari karya seni dalam koleksi permanen Orsay.

Meskipun Musée d’Orsay telah pulih ke tingkat kunjungan pra-pandemi, inisiatif baru ini menunjukkan komitmen museum untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain dan NFT, Musée d’Orsay berharap untuk tetap relevan dan menarik bagi generasi baru pengunjung.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: