Mumbai Metaverse: Menyelami Masa Depan Kota Melalui VR!

Mumbai Metaverse: Menyelami Masa Depan Kota Melalui VR!

Kota Mumbai, India, baru saja meluncurkan Mumbai Megapolis Metaverse, sebuah proyek kota kembar digital yang memungkinkan warga untuk menjelajahi proyek infrastruktur utama di wilayah metropolitan Mumbai (MMR) melalui perangkat realitas virtual (VR), aplikasi seluler yang ramah pengguna, dan platform pariwisata resmi Maharashtra.

Proyek ini bertujuan untuk merevolusi tata kelola perkotaan dengan menawarkan replika virtual Mumbai, menggabungkan teknologi canggih untuk mendidik dan melibatkan warga. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mumbai Metaverse Diungkap

Mumbai Megapolis Metaverse diluncurkan selama Mumbai Tech Week pada tanggal 18 Februari oleh Departemen Pariwisata Maharashtra bekerja sama dengan Tech Entrepreneurs Association of Mumbai (TEAM). Proyek ini bertujuan untuk merevolusi tata kelola perkotaan dengan menawarkan replika virtual Mumbai, menggabungkan teknologi canggih untuk mendidik dan melibatkan warga.

Metaverse ini menyediakan pengalaman mendalam, menampilkan proyek infrastruktur utama di MMR. Mulai dari Mumbai Coastal Road hingga Bandara Internasional Navi Mumbai, warga dapat menjelajahi usaha-usaha ini melalui perangkat VR, aplikasi seluler yang ramah pengguna, dan platform pariwisata resmi Maharashtra.

Dengan mensimulasikan 12 proyek infrastruktur utama, metaverse kota kembar digital ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik tentang aspek teknologi, biaya, dan dampak lingkungan yang terlibat. Inisiatif ini mempromosikan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan mendorong dukungan dari masyarakat untuk membentuk masa depan Mumbai, kota dengan lebih dari 21 juta penduduk.

Baca Juga: Forbes Luncurkan Kehadiran Permanen di Metaverse The Sandbox

Perayaan Mumbai Tech Week

mumbai the week
Sumber: Akun C Dev Fadnavis

Mumbai Tech Week, perayaan ekosistem teknologi kota yang semarak, berfungsi sebagai platform untuk kolaborasi dan inovasi. Dengan 46 perusahaan teknologi yang berpartisipasi, acara ini memuncak dalam peluncuran besar di Jio World Convention Center, menyoroti metaverse sebagai daya tarik utama untuk terlibat dengan kemajuan teknologi Mumbai.

Tokoh-tokoh penting seperti Smriti Irani, Rajeev Chandrasekhar, dan perwakilan Meta, Microsoft, dan Google akan ikut serta dalam diskusi selama Mumbai Tech Week. TEAM, kekuatan pendorong di balik ekosistem teknologi Mumbai, memperjuangkan inisiatif ini dengan 46 perusahaan anggotanya.

Baca Juga: Terobosan Roblox: Menghapus Batas Bahasa di Metaverse dengan AI!

Mumbai Metropolis Metaverse Diluncurkan

Mumbai Metropolis Metaverse diluncurkan oleh Wakil Kepala Menteri Maharashtra, Devendra Fadnavis, selama Mumbai Tech Week. Representasi virtual Mumbai yang imersif ini bertujuan untuk menampilkan perkembangan infrastruktur yang sedang berlangsung dan memberikan pandangan visioner tentang transformasi Wilayah Metropolitan Mumbai (MMR) pada tahun 2025.

Metaverse menyoroti 12 proyek penting yang akan membentuk kembali Mumbai, termasuk Koridor Kereta Peluru Mumbai Ahmedabad, Metro Mumbai, Coastal Road, Proyek Dharavi, Proyek Mumbai Port Trust, Mumbai Trans Harbour Link (Atal Setu), Jalur Metro Layang, Jalan Terowongan Airoli-Katai, Koridor Multimoda Virar-Alibagh, Pabrik Pengolahan Air Limbah, dan Bandara Internasional Navi Mumbai.

Kesimpulan

Mumbai Megapolis Metaverse dan Mumbai Metropolis Metaverse adalah dua proyek ambisius yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan tata kelola perkotaan dan melibatkan warga. Proyek-proyek ini mencerminkan komitmen Mumbai untuk pembangunan berkelanjutan dan inovasi teknologi, memposisikan kota ini sebagai pemimpin dalam transformasi perkotaan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi