Bitcoin ‘Semakin Kuat’ dengan Rekor Tertinggi Moving Average 200 Hari!

author:

Bitcoin ‘Semakin Kuat’ dengan Rekor Tertinggi Moving Average 200 Hari!

Jakarta, Pintu News – Bitcoin (BTC) menunjukkan kekuatan jangka panjang yang luar biasa dengan rekor tertinggi pada moving average 200 hari.

Dilansir dari Cointelegraph, rata-rata pergerakan 200 hari Bitcoin berada di level tertinggi sepanjang masa di $50.178, sebuah indikator teknikal utama untuk memprediksi tren harga Bitcoin jangka panjang yang menunjukkan prospek jangka panjang yang bullish.

Indikator Tren Jangka Panjang Bitcoin

Menurut BuyBitcoinWorldwide, indikator rata-rata pergeraka 200 hari Bitcoin mencapai puncaknya pada tanggal 6 Mei 2024.

Baca juga: Harga Bitcoin Masih dalam ‘Zona Beli Utama’ Meski Meroket ke $65.000

Hal tersebut terjadi ketika Bitcoin pulih dari penurunan harga pasca-pembagian harga yang membuatnya turun serendah $56.800 setelah hadiah blok jaringan dibelah dua menjadi 3,125 BTC pada tanggal 20 April.

Sumber: Cointelegraph

Simple Moving Average (SMA) 200-hari menjumlahkan 200 hari terakhir dari harga penutupan Bitcoin dan membaginya dengan 200 untuk menghilangkan fluktuasi harga jangka pendek, yang bertujuan untuk menunjukkan kepada para pedagang dan analis indikator tren jangka panjang.

Ketika harga BTC diperdagangkan di atas indikator ini – seperti saat ini – biasanya menunjukkan bahwa tren jangka panjang adalah bullish, sedangkan yang terjadi adalah sebaliknya ketika harga turun di bawah rata-rata pergerakan 200 hari.

“Bitcoin Terus Mengalami Tren Kenaikan”

Sumber: X

Berbicara di Squawk Box CNBC pada 6 Mei, Bitcoiner Anthony Pompliano mengomentari rata-rata pergerakan 200 hari yang melewati $50.000 untuk pertama kalinya.

“Dalam jangka panjang, Bitcoin terus mengalami tren kenaikan meskipun dalam basis harian harga tersebut tidak stabil.”

“Jangan terbuai dengan Bitcoin yang bergerak ke samping. Tesis jangka panjangnya tetap kuat seperti sebelumnya,” tambahnya dalam sebuah posting X.

Lebih lanjut, Pompliano juga menyebutkan bahwa dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot Grayscale membukukan arus masuk pertamanya pada tanggal 3 Mei.

Dana tersebut mengalami arus masuk sebesar $63 juta setelah mengalami arus keluar bersih lebih dari $17,5 miliar sejak dikonversi dari trust menjadi ETF spot pada pertengahan Januari.

Momentum ini terus berlanjut. Pada tanggal 6 April, reksa dana ini juga membukukan arus masuk, meskipun lebih kecil yaitu $3,9 juta, menurut data awal dari Farside Investors.

Baca juga: Saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) Melonjak 5% Setelah Inflow Pertama Sejak Peluncuran!

Rata-rata Pergerakan 200-Minggu Berada di Titik Tertinggi

Sementara itu, menurut model harga WooCharts milik analis Willy Woo, rata-rata pergerakan 200-minggu, sebuah indikator tren jangka panjang, juga berada di titik tertinggi sepanjang masa di lebih dari $34.000, yang berarti prospek tren tahunan bahkan lebih bullish.

Bitcoin 200 WMA sepanjang masa. Sumber: WooCharts

Harga Bitcoin melewati level rata-rata pergerakan 200-minggu pada pertengahan Oktober dan telah berada di atasnya sejak saat itu. Harga spot juga jauh lebih tinggi daripada indikator harga realisasi (RP), yaitu sekitar $29.000.

RP adalah ukuran nilai semua Bitcoin pada harga terakhir kali ditransaksikan secara on-chain dibagi dengan jumlah BTC yang beredar dan indikator tren jangka panjang lainnya.

Namun, rata-rata pergerakan 50 hari jangka pendek telah turun sedikit dari puncaknya pada pertengahan April karena BTC turun dari level tertingginya sepanjang masa pada pertengahan Maret.

Secara keseluruhan, berdasarkan indikator teknis yang disebutkan di atas, prospek jangka panjang Bitcoin tetap bullish.

Meskipun mengalami penurunan harga pasca-halving baru-baru ini, Bitcoin diperkirakan akan melanjutkan tren naiknya dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: