Skandal Pemulihan Utang Moonwell: Kontroversi di Dunia DeFi!

Skandal Pemulihan Utang Moonwell: Kontroversi di Dunia DeFi!

Protokol pinjaman dan peminjaman crypto Moonwell tengah diterpa kontroversi. Rencana mereka menggunakan kolateral aset digital senilai $2,3 juta untuk menutupi utang buruk dari kolam Frax Finance (FRAX) akibat peretasan hampir dua tahun lalu, memicu perdebatan sengit di kalangan penggunanya.

Kontroversi Pemungutan Suara

Plebisit yang diadakan pada 31 Desember 2023, mendapat dukungan mayoritas dengan 25 juta suara yang menginginkan penggunaan kolateral Nomad dan cadangan protokol. Namun, Horatio Lucas, salah satu pengguna, menentang keras penggunaan kolateral Nomad tanpa persetujuan pemiliknya.

Lucas menuduh Moonwell akan mengambil keuntungan dari dana yang seharusnya tidak mereka gunakan. Lucas menegaskan bahwa kolateral Nomad adalah milik pribadi dan tidak seharusnya digunakan untuk menyelesaikan utang Moonwell.

Baca Juga: Terobosan Baru di Dunia Crypto: Wormhole dan Hedera Memimpin Revolusi Keuangan Digital

Ia juga menuduh Moonwell telah salah mengkonfigurasi oracle aset Nomad sebelum peretasan terjadi. Lucas berpendapat bahwa pemungutan suara yang dilakukan tidak memiliki legitimasi di semua yurisdiksi di dunia.

Keraguan Hukum dan Etika

sistemik defi

Meskipun plebisit telah melewati ambang batas kuorum 10 juta token WELL, penggunaan kolateral tanpa izin pemilik individu menimbulkan pertanyaan etis dan hukum. Kritikus menyoroti tantangan dalam mengelola protokol terdesentralisasi dan tata kelola komunitas pasca insiden keamanan di ruang DeFi.

Pengguna seperti Lucas mempertanyakan keadilan dan konsekuensi dari keputusan tersebut. Mereka berpendapat bahwa keputusan komunitas tersebut tidak adil dan dapat menimbulkan masalah hukum. Moonwell, di sisi lain, berpendapat bahwa pemungutan suara tersebut bersifat tidak mengikat dan hanya untuk mengetahui sentimen komunitas.

Perdebatan Komunitas Moonwell

Komunitas Moonwell terbelah atas cara penanganan eksploitasi jembatan token Nomad yang terjadi pada 2 Agustus 2022. Akibat peretasan tersebut, Moonwell mengalami kerugian sebesar $190,7 juta.

Utang buruk terkait token Frax di Moonwell kini mencapai $2,9 juta, mempengaruhi pengguna yang menempatkan kolateral untuk peminjaman DeFi melalui Nomad. Diskusi tentang pemulihan Moonwell dari insiden Nomad masih berlangsung.

Jembatan Nomad telah diluncurkan kembali tetapi popularitasnya menurun sejak eksploitasi tersebut. Moonwell menegaskan bahwa DAO telah secara terbuka mendiskusikan cara mengatasi dampak dari peretasan Nomad dan telah mengajukan proposal yang konsisten dengan operasi protokol.

Paragraf Penutup

Kontroversi ini menyoroti kompleksitas tata kelola dalam ekosistem crypto yang terdesentralisasi. Keputusan yang diambil oleh komunitas Moonwell akan menjadi preseden penting bagi masa depan protokol DeFi dan bagaimana mereka menangani insiden keamanan serta pemulihan utang.

Baca Juga: Skandal FTX Terungkap: Pengadilan Tunjuk Pemeriksa Independen!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi