Monad: Revolusi Kecepatan dan Efisiensi di Dunia Crypto!

author:

Monad: Revolusi Kecepatan dan Efisiensi di Dunia Crypto!

Di tengah pesatnya perkembangan dunia crypto, Monad muncul sebagai sebuah platform yang menjanjikan revolusi dalam kecepatan dan efisiensi transaksi. Dengan pendekatan unik dan inovatif, Monad tidak hanya meningkatkan kapasitas transaksi tetapi juga menawarkan kompatibilitas penuh dengan Ethereum, membuka jalan baru dalam dunia blockchain.

Apa itu Monad Crypto?

Monad adalah platform crypto Layer 1 yang inovatif, dirancang untuk meningkatkan skalabilitas blockchain dengan kecepatan transaksi tinggi hingga 10.000 TPS (transaksi per detik) dan waktu blok satu detik.

Baca juga: Polkadot (DOT): Inovasi Blockchain yang Menggemparkan Dunia Crypto!

Mekanisme konsensus unik MonadBFT dan kompatibilitas dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) memungkinkan pemrosesan yang efisien dan cepat. Monad menonjol dengan eksekusi paralel, memberikan keunggulan performa yang signifikan dibandingkan blockchain tradisional.

Monad dikembangkan oleh Monad Labs, yang didirikan oleh Keone Hon, Eunice Giarta, dan James Hunsaker. Proyek ini telah mengamankan pendanaan awal sebesar $19 juta dan sedang bersiap untuk peluncuran testnet pada pertengahan Kuartal 1 2024, diikuti oleh peluncuran mainnet.

Bagaimana Cara Kerja Monad Crypto?

monad crypto
Sumber: The Block

Monad membedakan dirinya di ruang blockchain Layer-1 melalui eksekusi paralel canggih dan mekanisme konsensus pipelined, MonadBFT. Berbeda dengan pemrosesan transaksi berurutan Ethereum, Monad memproses beberapa transaksi secara bersamaan, menggunakan teknik seperti Optimistic Concurrency Control (OCC) dan Software Transactional Memory (STM) untuk akurasi dan integritas. Ini memungkinkan peningkatan throughput yang signifikan.

MonadBFT, mekanisme konsensus yang unik, memisahkan pengurutan transaksi dan eksekusi menjadi tahapan yang berbeda, memfasilitasi finalitas instan dalam setiap blok. Pendekatan pipelined ini memungkinkan Monad mencapai hingga 10.000 TPS, menawarkan keunggulan kompetitif atas kapasitas TPS yang lebih rendah Ethereum dan sejalan dengan blockchain berkecepatan tinggi seperti Solana.

Baca juga: Beam: Mata Uang Crypto Rahasia yang Mengguncang Dunia Keuangan Digital!

Kenapa Monad Crypto Populer?

Monad menawarkan beberapa keuntungan kunci sebagai platform smart contract generasi berikutnya, termasuk:

  • Throughput Transaksi Tinggi: Monad dapat memproses hingga 10.000 transaksi per detik, jauh melampaui banyak blockchain yang ada. Throughput tinggi ini ideal untuk aplikasi yang memerlukan pemrosesan transaksi cepat.
  • Eksekusi Paralel: Dengan menggunakan eksekusi paralel, Monad memproses beberapa transaksi secara bersamaan, meningkatkan efisiensi jaringan dan mengurangi latensi dibandingkan metode eksekusi berurutan tradisional.
  • Finalitas Instan: Berkat mekanisme konsensus pipelined MonadBFT, transaksi mencapai finalitas instan dalam setiap blok, memberikan penyelesaian transaksi yang lebih cepat dan lebih andal.
  • Kompatibilitas Ethereum: Monad sepenuhnya kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM), memudahkan pengembang untuk memindahkan aplikasi Ethereum yang ada dan bagi pengguna untuk beralih dengan alat dan antarmuka yang familiar.

Secara keseluruhan, Monad mewakili lompatan signifikan dalam teknologi blockchain, menggabungkan throughput transaksi tinggi, eksekusi cepat, dan kompatibilitas Ethereum untuk menawarkan platform yang kuat bagi pengembang dan pengguna.

Dengan fitur inovatif seperti eksekusi paralel dan mekanisme konsensus MonadBFT, Monad menempatkan dirinya sebagai pemain tangguh di ruang blockchain, menantang platform yang ada dengan efisiensinya dan skalabilitasnya.

Bersamaan pendanaan $19 juta yang sukses dan peluncuran testnet yang diantisipasi pada pertengahan Kuartal 1 2024, Monad siap membuat dampak substansial pada masa depan teknologi blockchain dan aplikasi terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: