Apa itu Mobilecoin? Sejarah dan Perkembangannya Hingga Saat Ini!

author:

Apa itu Mobilecoin? Sejarah dan Perkembangannya Hingga Saat Ini!

MobileCoin yang diluncurkan pada tahun 2017 dan telah mendapatkan pendanaan hingga $29,7 juta pada tahun 2018 mendapatkan perhatian khusus dari komunitas crypto. Apa itu Mobilecoin dan bagaimana perkembangannya sekarang? Simak berita lengkapnya berikut ini.

Apa itu MobileCoin?

MobileCoin adalah cryptocurrency yang berfokus pada kecepatan dan privasi. Berbeda dengan mata uang digital lainnya, MobileCoin menggunakan protokol konsensus yang disebut Federated Byzantine Agreement (FBA), yang memungkinkan transaksi dilakukan dengan cepat dan efisien tanpa mengorbankan keamanan. Selain itu, integrasi dengan aplikasi perpesanan Signal menambahkan lapisan privasi ekstra, memungkinkan pengguna melakukan transaksi langsung melalui platform perpesanan tersebut.

Mata uang ini juga menekankan pada kemudahan penggunaan. Dengan proses verifikasi yang tidak memerlukan daya komputasi besar, MobileCoin menawarkan platform yang ramah pengguna dan dapat diakses oleh siapa saja dengan smartphone. Ini menjadi daya tarik utama bagi pengguna yang menghargai kecepatan dan privasi dalam melakukan transaksi digital.

Baca juga: TradFi Beralih ke Blockchain Publik untuk Tokenisasi RWA

Sejarah MobileCoin

(venturebeat.com)

MobileCoin diluncurkan pada tahun 2017 oleh Josh Goldbard dan Shane Glynn, dua profesional di bidang keamanan dan hukum. Mata uang ini dirancang untuk menjadi crypto yang ramah pengguna, dengan fokus pada transaksi mobile. Dengan dukungan dari Binance Labs dan beberapa investor terkemuka lainnya, MobileCoin berhasil mengumpulkan dana yang signifikan, yang memungkinkan pengembangan dan penerapan teknologi mereka.

Pada tahun 2020, MobileCoin mulai diintegrasikan dengan Signal, aplikasi perpesanan yang dikenal dengan fokusnya pada privasi. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan visibilitas mata uang ini tetapi juga menegaskan posisinya sebagai alat transaksi yang aman dan pribadi. Integrasi tersebut memungkinkan pengguna Signal untuk mengirim dan menerima MobileCoin langsung melalui aplikasi, membuatnya salah satu mata uang digital paling inovatif di pasaran.

Baca juga: Solana Luncurkan Pembaruan v1.17.31 untuk Atasi Masalah Kemacetan Jaringan

Delisting MobileCoin dari Platform Binance, Apa Alasannya?

Per 20 Maret 2024, Binance, salah satu platform pertukaran cryptocurrency terbesar, mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan perdagangan MobileCoin. Keputusan ini diambil karena mempertimbangkan regulasi dan kepatuhan yang terus meningkat dalam industri crypto.

Meskipun MobileCoin sebelumnya didukung oleh Binance Labs dalam tahap pengembangan awal, perubahan dalam kebijakan dan peraturan pasar cryptocurrency membuat Binance harus mengevaluasi kembali mata uang yang mereka dukung.

Delisting ini menimbulkan dampak signifikan terhadap nilai MobileCoin, dengan penurunan harga yang cukup tajam hingga mencapai 55%, setelah pengumuman tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: