Mistral AI: Startup Prancis yang Siap Guncang Dunia AI dengan Pendanaan Jumbo!

Mistral AI: Startup Prancis yang Siap Guncang Dunia AI dengan Pendanaan Jumbo!

Apakah kamu siap menyaksikan gebrakan baru di industri kecerdasan buatan (AI)? Mistral AI, startup asal Paris, baru saja menutup putaran pendanaan Seri A dengan angka fantastis yang mencapai $415 juta, menempatkan mereka sebagai pesaing serius OpenAI yang berbasis di Amerika Serikat.

Kini, dengan platform komersial yang siap diluncurkan, Mistral AI berambisi menjadi juara Eropa dengan pendekatan teknologi yang terbuka dan desentralisasi.

Mistral AI: Pesaing OpenAI dengan Pendanaan Melimpah

Mistral AI, yang didirikan oleh para alumni Google’s DeepMind dan Meta, telah berhasil mengumpulkan dana sebesar €385 juta atau setara dengan $415 juta. Pendanaan ini dipimpin oleh Andreessen Horowitz (a16z) dan didukung oleh Lightspeed Venture Partners serta investor lainnya seperti Salesforce dan BNP Paribas.

Pendanaan ini menilai Mistral AI sekitar $2 miliar, menurut laporan Bloomberg. Dengan dana segar ini, Mistral AI berencana untuk memperluas pengembangan model AI generatifnya.

Baca Juga: Terobosan AIPad: Masa Depan AI dan Crypto di Ujung Jari Anda!

Startup ini telah merilis model pertamanya, Mistral 7B, yang tidak dimaksudkan untuk bersaing langsung dengan GPT-4 atau Claude 2, karena dilatih dengan dataset yang relatif “kecil”. Namun, model ini tersedia untuk diunduh secara gratis, memungkinkan pengembang untuk menjalankannya pada perangkat dan server mereka sendiri.

Platform Developer Mistral AI: Akses Model AI Canggih

vr experience
Unsplash

Mistral AI tidak hanya berhenti pada model Mistral 7B. Mereka juga telah mengembangkan model baru, Mixtral 8x7B, yang menggunakan “jaringan router” untuk memproses token masukan dan memilih grup parameter yang paling tepat untuk memberikan jawaban.

Model ini memiliki total 45B parameter tetapi hanya menggunakan 12B parameter per token, memungkinkan kecepatan dan biaya yang sama dengan model 12B. Selain itu, Mistral AI juga telah memainkan peran penting dalam membentuk diskusi seputar AI Act di Uni Eropa.

Startup ini telah melobi untuk pengecualian total bagi model-model dasar, dengan argumen bahwa regulasi seharusnya diterapkan pada kasus penggunaan dan perusahaan yang bekerja pada produk yang digunakan langsung oleh pengguna akhir.

Kini, dengan platform developer yang dibuka dalam versi beta, perusahaan lain dapat membayar untuk menggunakan model-model Mistral AI melalui API.

Paragraf Penutup

Dengan langkah besar ini, Mistral AI siap mengukir nama di panggung global sebagai pemain utama di bidang AI. Dengan model-model yang kini hanya dapat diakses melalui API berbayar,

Mistral AI menunjukkan komitmennya untuk mengkomersialkan inovasi AI sambil tetap mempertahankan prinsip-prinsip teknologi terbuka. Apakah kamu siap untuk menjadi bagian dari revolusi AI yang dipimpin oleh Mistral AI?

Baca Juga: PAAL AI: Mengenal Terobosan Baru di Dunia Crypto Lewat Teknologi Artificial Intelligence!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi