Mistral AI Luncurkan AI dan Chatbot untuk Tantang ChatGPT, Claude, dan Gemini

Mistral AI Luncurkan AI dan Chatbot untuk Tantang ChatGPT, Claude, dan Gemini

Perusahaan rintisan AI Prancis, Mistral AI, yang dikenal dengan model sumber terbuka berkinerja tinggi, telah meluncurkan LLM berpemilik yang berdiri kokoh di tolok ukur teratas. Perusahaan ini juga meluncurkan versi beta dari “Le Chat”, chatbot yang ditujukan untuk konsumen yang dimaksudkan untuk menyaingi pemimpin pasar ChatGPT dari OpenAI.

Model Bahasa Besar Mistral AI

X/@GuillaumeLample

Mistral AI memperkenalkan Mistral Large, model bahasa besar (LLM) terbaru mereka yang diklaim mampu bersaing dengan beberapa pesaing utama. Dalam sebuah posting pada tanggal 26 Februari, perusahaan yang berbasis di Paris tersebut mencatat bahwa Mistral Large mengungguli beberapa LLM terkemuka kecuali GPT-4 dalam uji “pemahaman bahasa multitugas” dan menunjukkan kinerja yang kuat dalam beberapa tes matematika dan pengkodean.

Baca Juga: Komika Terkenal Trevor Noah Menyesal Tidak Membeli BTC Saat BTC Sentuh $57.000

Guillaume Lample, pendiri dan kepala ilmuwan di perusahaan tersebut, mengklaim bahwa Mistral Large “jauh lebih unggul” daripada model Mistral AI sebelumnya. Mistral AI juga memperkenalkan “Le Chat” — antarmuka obrolan AI di atas modelnya — mirip dengan bagaimana ChatGPT dibangun di atas GPT-3.5 dan GPT-4.

Perusahaan tersebut, yang menerima pendanaan sebesar $487 juta pada bulan Desember dari perusahaan seperti Nvidia, Salesforce, dan Andreessen Horowitz, mencatat bahwa Mistral Large mengetahui lebih dari 20.000 kata dalam bahasa Inggris dan juga fasih berbahasa Prancis, Spanyol, Jerman, dan Italia.

Kolaborasi dengan Microsoft Azure

microsoft era baru ai
Sumber: The Hans India

Mistral Large akan memanfaatkan “infrastruktur superkomputer” Azure untuk tujuan pelatihan dan penskalaan, sementara kedua perusahaan juga akan berkolaborasi dalam penelitian dan pengembangan AI menurut pernyataan pada tanggal 26 Februari oleh Eric Boyd, wakil presiden perusahaan Microsoft Azure AI Platform.

Mistral Large dibanderol dengan harga $8 per satu juta token input dan $24 per juta token output, membuatnya hanya sedikit lebih murah daripada GPT-4 Turbo seharga $10 dan $30.

Ketersediaan dan Harga

Mistral Large sekarang tersedia melalui API berbayar, dan jauh lebih murah daripada opsi OpenAI. Mistral Large dibanderol dengan harga $8 per juta token input dan $24 per juta token output (sama seperti Claude), sedangkan GPT-4 dibanderol dengan harga $10 dan $30.

Le Chat, asisten obrolan Mistral AI, sementara itu tersedia gratis sebagai produk beta, dan pengguna dapat memilih di antara tiga model berbeda: Mistral Small, Mistral Large, dan model prototipe bernama Mistral Next, yang dirancang untuk singkat dan ringkas. Perusahaan tersebut juga berencana untuk meluncurkan versi berbayar Le Chat untuk klien perusahaan, termasuk penagihan terpusat dan kemampuan untuk menentukan mekanisme moderasi.

Penutup

Mistral AI, perusahaan rintisan AI yang berbasis di Prancis, telah meluncurkan Mistral Large, model bahasa besar (LLM) terbaru mereka yang diklaim mampu bersaing dengan beberapa pesaing utama. Mistral Large mengungguli beberapa LLM terkemuka kecuali GPT-4 dalam uji “pemahaman bahasa multitugas” dan menunjukkan kinerja yang kuat dalam beberapa tes matematika dan pengkodean.

Perusahaan tersebut juga memperkenalkan “Le Chat” — antarmuka obrolan AI di atas modelnya — mirip dengan bagaimana ChatGPT dibangun di atas GPT-3.5 dan GPT-4. Mistral Large sekarang tersedia melalui API berbayar, dan jauh lebih murah daripada opsi OpenAI.

Baca Juga: 5 Token LSDFi Terbaik 2024: Pendle, Origin Ether, Tenet, Prisma Governance, Lybra

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi