Pro Crypto Banget! Miss Universe Negara Ini Pakai Kostum Bitcoin di Atas Panggung Internasional

author:

Pro Crypto Banget! Miss Universe Negara Ini Pakai Kostum Bitcoin di Atas Panggung Internasional

Dilaporkan oleh Watcher Guru (12/1/23), Alejandra Guajardo, selaku perwakilan El Salvador di kontes Miss Universe yang diselenggarakan di New Orleans, terlihat mengenakan pakaian dengan berbagai mata uang nasional sepanjang sejarah El Salvador. Uniknya, Bitcoin (BTC) merupakan salah satu tema kostum mata uang yang dikenakannya. Mempromosikan negara El Savador yang pro crypto? Baca selengkapnya, yuk!

Kostum Crypto Merefleksikan Evolusi Mata Uang El Salvador

Miss Universe El Salvador
Sumber: Twitter

Seperti yang diketahui, Miss Universe adalah ajang global yang mempromosikan negara melalui seorang perwakilan yang terpilih. Dalam cuitan yang dibagikan akun Twitter Herbert Esmahan, dalam ajang Miss Universe 2023 ini, perwakilan negara El Salvador tidak melewatkan kesempatan untuk menunjukkan kecintaannya pada mata uang crypto, dengan cara memakai kostum bertema Bitcoin di atas panggung. Kostum crypto yang dipakai Guajardo merupakan hasil karya desainer Salvador Franciso Guerrero.

Dalam laporan Benzinga (12/1/23), memaki kostum crypto oleh Miss Universe El Savador adalah salah satu bagian khusus yang mencerminkan evolusi mata uang El Salvador, mulai dari mata uang paling awal hingga mata uang saat ini. Bukan tanpa alasan, hal ini berkaitan erat dengan negara El Salvador yang menjadi negara pertama yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran sah pada Juni 2021 lalu.

Sementara itu, menurut laporan Decrypt (13/1/23), meskipun harga Bitcoin mengalami penurunan beberapa saat lalu sejak undang-undang crypto diberlakukan di negaranya, Presiden El Salvador, Nayib Bukele, tetap teguh untuk mempromosikan mata uang digital Bitcoin. Selain itu, Nayib Bukele juga telah terlibat dalam berbagai inisiatif adopsi BTC. Meskipun begitu, belum ada yang bisa memastikan apakah Presiden El Salvador memiliki peran langsung dalam pemilihan kostum Bitcoin untuk Miss Universe, Guajardo.

El Savador Sekali Lagi Menampilkan Diri Sebagai Negara Pro Crypto

El Salvador Adopsi Bitcoin

Dirancang oleh desainer Guerrero, kostum yang dipakai oleh Miss El Savador dibuat menggunakan bahan-bahan seperti karton, kulit imitasi, kulit, berlian imitasi, kain, dan besi. Semua elemen ini digunakan untuk menceritakan perjalanan mata uang El Salvador, yang bermula dari kakao sampai dengan Bitcoin. Selain itu, kostum yang dikenakan Miss Guarjadro menjadi tanda adanya kemajuan sosial-ekonomi yang terkait dengan kemajuan teknologi.

Di hari yang bersamaan dengan acara Miss Universe 2023, yaitu Rabu (12/1/23). Negara El Salvador menyatakan telah memberlakukan undang-undang crypto yang bertujuan untuk mengontrol penerbitan aset digital baik oleh lembaga publik maupun swasta.

Dengan adanya undang-undang crypto ini, presiden El Salvador, Nayib Bukele, memperkenalkan langkah tersebut sebagai cara untuk menarik investasi dalam dan luar negeri. Selebihnya, undang-undang tersebut bertujuan untuk memberi orang, organisasi, dan pemerintah cara baru untuk membiayai diri mereka sendiri. Undang-undang crypto yang berkalu saat ini bertujuan “untuk menetapkan kerangka hukum yang memberikan kepastian regulasi untuk mentransfer setiap aset digital yang digunakan dalam penawaran penerbitan publik,” menurut laporan Watcher Guru (12/1/23).

Baca juga: Setelah Rancang UU Khusus Crypto, El Salvador Buat Kantor Bitcoin di Negaranya!

El Savador Lunasi Hutang Menggunakan Bitcoin?

Dengan menetapkan undang-undang crypto baru, langkah ini juga termasuk menetapkan kerangka peraturan untuk “Volcano Bonds,” atau obligasi yang didukung oleh Bitcoin (BTC).

Menurut laporan Pintu News pada Rabu (12/1/23), El Salvador bermaksud untuk menggunakan obligasi tersebut untuk melunasi utangnya dan membiayai pengembangan Kota Bitcoin yang diimpikan. Undang-undang ini dilaporkan mengisolasi mata uang digital, termasuk yang dikeluarkan oleh bank sentral, dari semua aset dan instrumen keuangan lainnya.

Selain itu, undang-undang baru ini membedakan Bitcoin dari pasar cryptocurrency lainnya dengan menetapkannya sebagai sekuritas digital. Di sisi lain, memasuki bulan pertama tahun 2023, Bitcoin (BTC) sedang menikmati relinya. Pada Rabu (12/1/23), cryptocurrency Bitcoin diperdagangkan pada $18,215,40, yang mengalami peningkatan 4,6% dalam 24 jam terakhir, dilansi dari Watcher Guru.


Referensi: