El Salvador Kenalkan Mining Pool Bitcoin Pertamanya, Apa Saja Keuntungannya?

El Salvador Kenalkan Mining Pool Bitcoin Pertamanya, Apa Saja Keuntungannya?

Sebagai negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang legal, El Salvador kini melangkah lebih maju dengan memperkenalkan mining pool Bitcoin pertamanya. Mining pool ini diberi nama Lava Pool, merupakan hasil kolaborasi antara Volcano Energy dan Luxor Technologies. Simak berita lengkapnya berikut ini!

El Salvador dan Aspirasi Bitcoin-nya

el salvador dan aspirasi bitcoinnya
Sumber: Volcano Energy

El Salvador telah memulai proyek penambangan Bitcoin mereka pada bulan Juni tahun ini. Melalui kerjasama terbaru ini, Volcano Energy berencana untuk mendirikan kolam penambangan Bitcoin pertama di negara Amerika Tengah ini.

Gerson Martínez, Chief Strategy Officer Volcano Energy, menjelaskan bahwa tujuan dari kolam ini adalah untuk mendesentralisasi penambangan Bitcoin dan memanfaatkan “kepastian regulasi” yang dimiliki El Salvador.

“Kami memilih untuk memulai dari El Salvador, satu-satunya negara dengan kepastian regulasi dan iklim bisnis yang memberikan stabilitas dan dapat diprediksi untuk bisnis crypto,” kata Martínez dalam wawancara email oleh Bitcoin News. Mining pool ini pada dasarnya adalah kumpulan penambang Bitcoin yang bekerja bersama untuk menggabungkan tingkat hash mereka guna meningkatkan peluang mereka mendapatkan Bitcoin.

Dengan adanya pool ini, strategi penambangan Bitcoin El Salvador terus berkembang dan siap untuk menarik penambang untuk beroperasi. Pembayaran Lava Pool akan Full Pay Per Share, yang berarti pembayaran didistribusikan berdasarkan kontribusi daya hash penambang ke pool.

Baca Juga: Pro Bitcoin Sejak 2021, El Salvador Tunjukkan Stabilitas Keuangan Negara di Tengah Krisis Perbankan!

Keuntungan Mining Pool Bitcoin

Lava Pool juga bertujuan untuk menawarkan “opsi kolam penambangan berbiaya terendah untuk penambang kecil,” menurut Martínez. Volcano Energy sedang membangun infrastruktur untuk menambang dengan keuntungan di El Salvador.

“Etos penambangan Bitcoin berputar di sekitar desentralisasi geografis, dan pengembangan infrastruktur kolam penambangan di El Salvador akan berkontribusi pada tujuan ini,” kata Ethan Vera, Chief Operations Officer Luxor, dalam rilis bersama.

Luxor, salah satu dari sepuluh kolam teratas di dunia, menerima biaya nominal dari Lava Pool untuk layanan manajemen, dan sebagai gantinya, kolam mendapatkan biaya penambangan yang berkurang. Luxor memiliki 3,3% dari total tingkat hash jaringan, menurut statistik BTC.com.

Baca Juga: Eksperimen Bitcoin di El Salvador Membawa Keuntungan Tak Terduga!

Proyek Energi Terbarukan El Salvador

Volcano Energy sedang membangun fasilitas penambangan Bitcoin di departemen barat Santa Ana, menggunakan sumber energi eolic dan solar. Proyek ini akan menghasilkan energi terbarukan dengan kapasitas 241 MW yang akan sebagian digunakan untuk menambang Bitcoin dan menyediakan listrik murah untuk komunitas lokal.

Dengan memperkenalkan kolam penambangan Bitcoin ini, El Salvador semakin menunjukkan aspirasinya untuk menjadi negara perintis dalam adopsi crypto. Langkah ini tidak hanya membuka peluang baru bagi penambang Bitcoin, tetapi juga berpotensi memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: