Minggu Penentuan Ekonomi AS dan Nasib ETF Bitcoin, Ini 3 Hal yang Wajib Dipantau!

Minggu Penentuan Ekonomi AS dan Nasib ETF Bitcoin, Ini 3 Hal yang Wajib Dipantau!

Minggu ini, Amerika Serikat menghadapi jadwal ekonomi yang padat, dengan sorotan pada laporan inflasi dan keputusan penting terkait ETF Bitcoin. Bagaimana hal ini akan mempengaruhi keuangan dan investasi crypto kamu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Perkiraan Inflasi dan Dampaknya pada Kebijakan Fed

Laporan indeks harga konsumen (CPI) yang akan dirilis pada Kamis mendatang menjadi fokus utama, dengan prediksi kenaikan sebesar 0,2% untuk bulan Desember. Jika benar, ini bisa menghentikan tren penurunan inflasi dan mendorong inflasi tahunan naik menjadi 3,3% dari 3,1%.

Kenaikan ini dapat mempengaruhi kebijakan Federal Reserve dalam menurunkan suku bunga. Defisit anggaran bulanan yang diumumkan pada 11 Desember diperkirakan mencapai $62,5 miliar, sementara utang nasional AS telah mencapai rekor tertinggi $34 triliun.

Laporan keuangan bank juga akan menjadi sorotan pada akhir pekan, dengan Wells Fargo, Bank of America, BlackRock, BNY Mellon, Citigroup, dan JPMorgan Chase yang akan merilis laporan kuartalan mereka. Keputusan ini sangat dinantikan karena dapat memberikan sinyal terkait kondisi ekonomi AS saat ini.

Baca Juga: Pengiriman 26 Bitcoin Kepada Satoshi Nakamoto, Apa Motifnya?

Keputusan SEC Terhadap ETF Bitcoin dan Peringatan FOMO

peringatan fomo sec
Sumber: Akun X SEC

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dijadwalkan untuk membuat keputusan terkait ETF Bitcoin pada 10 Desember. Analis memperkirakan bahwa SEC akan menyetujui semua aplikasi sekaligus untuk menghindari keuntungan bagi yang pertama kali meluncur.

Namun, SEC juga mengeluarkan peringatan tentang investasi crypto yang didorong oleh FOMO (Fear of Missing Out), terutama menjelang keputusan ETF Bitcoin. Peringatan ini mengacu pada promosi aset digital oleh selebriti dan atlet, yang seringkali menyesatkan investor.

SEC telah memberikan denda kepada beberapa selebriti, termasuk Kim Kardashian yang setuju membayar denda $1,26 juta karena tidak mengungkapkan pembayaran yang diterimanya untuk mempromosikan token Ethereum Max (EMAX). Investor diingatkan tentang volatilitas aset yang dapat berubah drastis karena tren dan influencer.

Baca Juga: Kemajuan Signifikan di Pasar Crypto: ETF Bitcoin Spot Berpotensi Mendapat Lampu Hijau?

Outlook Pasar Crypto

outlook pasar crypto
Sumber: Market Pintu

Meskipun laporan ekonomi AS tidak terlalu mempengaruhi pasar crypto, keputusan SEC terhadap ETF Bitcoin bisa menjadi pemicu pergerakan besar. Pasar crypto mengalami penurunan selama akhir pekan, dengan total kapitalisasi turun menjadi $1,68 triliun.

Bitcoin sendiri turun 1,4% menjadi $43.283, sementara Ethereum turun 3% menjadi $2.175. Altcoin dengan kapitalisasi pasar tinggi seperti Solana, Avalanche, Cardano, Polkadot, dan Polygon juga mengalami penurunan yang signifikan. Keputusan SEC yang akan datang bisa memberikan dampak signifikan, baik positif maupun negatif, terhadap nilai investasi crypto kamu.

Kesimpulan

Dengan segala dinamika yang terjadi di pasar keuangan dan crypto, minggu ini menjadi sangat krusial bagi investor. Keputusan yang akan diambil oleh pihak-pihak berwenang AS dapat membawa angin segar atau justru menjadi pukulan bagi pasar. Pastikan kamu tetap waspada dan informasi terkini untuk mengambil langkah yang tepat dalam investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: