Kolaborasi Unik, Minecraft dan Worldcoin dalam Dunia Game!

Kolaborasi Unik, Minecraft dan Worldcoin dalam Dunia Game!

Minecraft, permainan yang telah memikat hati jutaan penggemar di seluruh penjuru dunia, kini berinovasi dengan memasukkan teknologi otentikasi Worldcoin ke dalam sistemnya. Inisiatif ini menandai pergeseran paradigma dari kebijakan sebelumnya yang menolak penggunaan teknologi berbasis blockchain. Dengan langkah ini, para pemain kini dapat menikmati level keamanan dan verifikasi yang lebih tinggi, membuka era baru dalam manajemen server permainan. Simak berita mengenai kolaborasinya berikut ini!

Inovasi Otentikasi Digital

inovasi world id
Sumber: Akun X Worldcoin

Worldcoin memperkenalkan metode verifikasi pemain yang canggih dengan memanfaatkan teknologi “Orb” yang melakukan pemindaian retina untuk menghasilkan IrisCode yang unik. Teknologi ini selanjutnya digunakan untuk menciptakan World ID, sebuah sertifikat keotentikan manusia yang direkam dalam blockchain.

Dengan integrasi ini, pengelola server Minecraft dapat memastikan identitas pemain sebelum memberikan akses ke fitur-fitur tertentu di dalam permainan. Sistem otentikasi ini dirancang untuk meminimalisir keberadaan bot dan meningkatkan proteksi bagi pemain.

Melalui World ID, pemain dapat yakin bahwa mereka berinteraksi dengan pemain manusia lain, bukan program otomatis. Ini juga bertujuan untuk mengurangi perilaku “griefing”, di mana pemain dengan sengaja merusak pengalaman bermain orang lain.

Baca Juga: Terobosan Baru Epic Games: ‘Adults Only’ Bukan Lagi Tabu untuk Game Blockchain!

Blockchain dalam Minecraft: Pembatasan dan Penerimaan

Meskipun Minecraft sebelumnya telah menetapkan kebijakan yang melarang penggunaan NFT dan mata uang crypto dalam permainan, integrasi dengan Worldcoin dikecualikan dari larangan tersebut. Hal ini dikarenakan World ID tidak melibatkan transaksi crypto atau token di dalam permainan.

Minecraft menegaskan bahwa selama integrasi tidak melanggar pedoman yang ada dalam EULA, maka penggunaan World ID dianggap sesuai. Perbedaan antara teknologi World ID dan token WLD menjadi faktor penting dalam mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Minecraft.

Di beberapa wilayah, termasuk Amerika Serikat, token WLD tidak tersedia, yang memungkinkan pemisahan antara proses otentikasi dan elemen crypto. Hal ini menjamin bahwa World ID tetap bermanfaat tanpa melanggar aturan yang ada.

Kemitraan antara Minecraft dan Worldcoin dalam hal otentikasi pemain menandai babak baru dalam keamanan digital, dengan menyediakan solusi yang sesuai dengan aturan ketat Minecraft terkait blockchain.

Dengan mengadopsi teknologi mutakhir ini, Minecraft berusaha untuk memberikan pengalaman yang lebih aman dan menyenangkan bagi komunitasnya. Kita dapat mengharapkan lebih banyak inovasi di masa depan seiring dengan perkembangan teknologi dan tuntutan keamanan digital yang meningkat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: