Minat Terbuka Bitcoin Futures di CME Sentuh Angka Fantastis $5 Miliar!

author:

Minat Terbuka Bitcoin Futures di CME Sentuh Angka Fantastis $5 Miliar!

Ketertarikan yang meningkat pada pasar crypto terlihat jelas dari lonjakan minat terhadap kontrak berjangka Bitcoin di Chicago Mercantile Exchange (CME). Dengan angka yang hampir menyentuh rekor tertinggi sebelumnya, pertanyaan yang muncul adalah apakah ini pertanda gelombang besar selanjutnya bagi Bitcoin?

Lonjakan Open Interest Bitcoin di CME

Open interest untuk kontrak berjangka Bitcoin di CME tercatat telah mencapai angka fantastis sebesar $5,2 miliar, mendekati rekor tertinggi sebelumnya yang tercatat pada Oktober 2021 sebesar $5,45 miliar. Kenaikan ini terjadi bersamaan dengan penguatan harga Bitcoin yang kini berada di kisaran $44,000.

Baca juga: Bitcoin Melonjak Tajam, Apakah Ini Awal dari Kebangkitan Mata Uang Digital?

open interest bitcoin cme
Minat terbuka Bitcoin berjangka CME mencapai $5,2 miliar pada 6 Desember – Sumber: Coinglass

Dalam 30 hari terakhir, open interest Bitcoin di CME telah melonjak dari $3,63 miliar menjadi $5,20 miliar, menurut data dari Coinglass. Kenaikan ini berjalan seiring dengan kenaikan harga Bitcoin sebesar 26% dalam periode yang sama.

Analis dari IG Australia, Tony Sycamore, menilai bahwa ini menunjukkan minat yang diperbarui terhadap Bitcoin, namun belum jelas bagaimana posisi para trader di CME.

Prediksi dan Analisis Pasar

Posisi futures di CME memiliki posisi net short pada 28 November. Sumber: CFTC

Lebih lanjut, Sycamore menambahkan bahwa kenaikan harga Bitcoin didorong oleh lebih dari sekadar spekulasi seputar persetujuan produk ETF spot oleh SEC. Ia menunjuk pada hubungan crypto dengan lingkungan makroekonomi, seperti sinyal dari Federal Reserve untuk mulai memotong suku bunga, sebagai penggerak harga yang lebih signifikan.

Sementara itu, Laurent Kssis, seorang ahli crypto di CEC Capital, mengatakan bahwa posisi di CME menunjukkan bahwa Bitcoin masih bisa bergerak lebih tinggi dari harga saat ini. Namun, ia juga memperingatkan bahwa kenaikan harga jangka pendek ini mungkin tidak bertahan jika terjadi aksi ambil untung yang besar, yang dapat menekan harga Bitcoin kembali ke $39,000 dalam jangka menengah.

Baca juga: Hashdex Memprediksi ETF Bitcoin akan Dimulai pada Kuartal Kedua Tahun 2024!

Harapan dan Ketidakpastian

Sementara banyak lembaga keuangan besar menunggu persetujuan dari SEC untuk ETF Bitcoin spot mereka, harga BTC menunjukkan tren bullish, dengan kenaikan lebih dari 15% selama 7 hari terakhir.

Hal ini menunjukkan bahwa minat terhadap Bitcoin kembali meningkat di kalangan trader. Namun, masih ada ketidakpastian, termasuk penundaan keputusan SEC terhadap aplikasi ETF Ethereum spot oleh Grayscale hingga Januari 2024.

Faktor-faktor eksternal seperti pemilihan presiden AS yang akan datang dan pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve juga berperan dalam fluktuasi harga Bitcoin.

Dengan open interest kontrak berjangka Bitcoin di CME yang kembali mencapai titik tertinggi, apakah ini akan menjadi awal dari gelombang baru dalam pasar crypto? Atau, apakah kita akan menyaksikan aksi jual pasca-berita yang akan membalikkan tren saat ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: