Hutang AS Melonjak, Mike Novogratz Sarankan Beli Bitcoin? Ini Alasannya!

Hutang AS Melonjak, Mike Novogratz Sarankan Beli Bitcoin? Ini Alasannya!

Mike Novogratz, miliarder dan pendukung crypto yang vokal, telah mengeluarkan seruan tindakan yang kuat, mendesak investor untuk mempertimbangkan pembelian Bitcoin (BTC) setelah penyingkapan mengejutkan tentang peningkatan hutang nasional AS.

Pernyataan ini muncul setelah Charlie Bilello, kepala strategi pasar, mengungkapkan bahwa hutang nasional telah meningkat sebesar $1 triliun sejak penangguhan batas hutang hanya bulan lalu. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan Drastis Hutang Publik AS

data hutang amerika
Sumber: Akun Twitter Mike Novogratz

Total Hutang Publik mewakili total jumlah hutang yang dimiliki pemerintah federal AS kepada kreditur – baik eksternal maupun internal. Ini mencakup hutang yang dipegang oleh publik, seperti sekuritas Treasury AS yang dipegang oleh individu, perusahaan, dan pemerintah asing, serta kepemilikan intrapemerintah, yang merupakan sekuritas seri akun pemerintah yang dipegang oleh agensi federal.

Tingkat hutang publik sangat penting karena dapat mempengaruhi suku bunga, berdampak pada peringkat kredit negara, dan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Pada 1 Juni 2023, Total Hutang Publik AS berdiri di $31,47 triliun. Pada 6 Juli 2023, angka ini membengkak menjadi $32,47 triliun, menurut data dari Biro Layanan Fiskal Departemen Keuangan AS.

Baca Juga: Heboh, Bitcoin Dinilai Lebih Unggul 10x Dibandingkan Saham JPMorgan! Ini Kata Mike Novogratz!

Tanggapan Komunitas Crypto terhadap Lonjakan Hutang AS

Lonjakan dramatis dalam hutang AS ini tidak luput dari perhatian komunitas crypto.

Mike Novogratz, CEO Galaxy Digital, merespons berita ini dengan saran singkat, “Itu gila…beli $BTC.” Novogratz, seorang pendukung Bitcoin yang terkenal, menyarankan bahwa peningkatan hutang AS bisa menjadi sinyal bagi investor untuk beralih ke Bitcoin, mata uang desentralisasi yang beroperasi independen dari keputusan finansial pemerintah mana pun.

Novogratz melihat crypto sebagai praktik moneter inflasi pemerintah, dan lonjakan substansial dalam hutang nasional mungkin dianggap oleh Novogratz sebagai katalis potensial untuk peningkatan pasokan uang, yang menurutnya bisa akhirnya mendorong harga BTC lebih tinggi.

Baca Juga: 4 Tokoh Terkenal Prediksi Harga Bitcoin 2023-2025: Bisa Capai $250.000?

Bitcoin sebagai Alternatif Investasi di Tengah Ketidakstabilan Finansial

Saran Novogratz datang pada saat Bitcoin dan crypto lainnya semakin dilihat sebagai lindung nilai potensial terhadap inflasi dan ketidakstabilan finansial. Saat AS bergulat dengan hutangnya yang melonjak, saran Novogratz mungkin akan men resonansi dengan investor yang mencari jalur investasi alternatif.

Kantor Anggaran Kongres (CBO) telah memproyeksikan bahwa hutang federal yang dipegang oleh publik akan sama dengan 98% dari PDB pada akhir 2023, dan akan melampaui rekor historisnya pada 2029, mencapai 107% dari PDB.

Hutang yang tinggi dan meningkat ini dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan menimbulkan risiko signifikan bagi prospek fiskal dan ekonomi. Dalam konteks ini, Bitcoin muncul sebagai alternatif yang menarik bagi investor yang mencari perlindungan terhadap risiko ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: