Cardano Perkenalkan Midnight: Sidechain dengan Fokus Privasi yang Siap Ubah Dunia Blockchain!

Cardano Perkenalkan Midnight: Sidechain dengan Fokus Privasi yang Siap Ubah Dunia Blockchain!

Cardano, melalui Input Output Global (IOG), telah mengumumkan peluncuran Midnight, sebuah sidechain yang berfokus pada privasi. Dengan menggunakan bukti pengetahuan nol (ZKPs), Midnight menjanjikan revolusi dalam cara transaksi dan interaksi dilakukan di blockchain. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Midnight Network: Langkah Baru Cardano ke Privasi

midnight network
Sumber: Akun X Input Output

IOG, entitas pengembangan di balik Cardano, memperkenalkan akun resmi X untuk sidechain privasi berbasis ZK, Midnight Network. Akun ini, bersama dengan situs web resmi yang diluncurkan pada Q3 2023, akan menjadi saluran komunikasi antara pengguna potensial Midnight Network dan pengembang yang tertarik membangun di atasnya.

Midnight Network telah membagikan video undangan untuk menarik antusiasme penggemar Cardano ke protokol baru ini, dengan pesan misterius: “Ketika jam menunjukkan pukul 12, fajar baru dimulai. Sesuatu yang baru akan segera datang.”

Midnight, yang telah dalam pengembangan selama hampir setahun, diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam evolusi Cardano, dengan fokus khusus pada perlindungan data.

Baca Juga: Cardano Luncurkan Vasil Hard Fork, Apa Saja Fitur dan Dampaknya?

Zero-Knowledge Proofs (ZKPs): Inti dari Midnight

Meskipun jaringan telah dalam pengembangan selama hampir setahun, banyak detail teknis dan peluang yang ditawarkannya kepada insinyur blockchain masih belum jelas.

Pada September 2023, pengembang IOG mengumumkan persiapan fase devnet-nya. Solusi ini akan memanfaatkan ZKPs, mekanisme privasi, keamanan, dan penskalaan yang populer.

ZKPs, yang telah digunakan dalam sejumlah solusi berbasis Ethereum, dirancang untuk mengurangi volume informasi yang dapat diverifikasi di blockchain, memastikan transaksi tetap pribadi namun sah.

Baca Juga: Cardano (ADA) Bertahan: Transaksi On-Chain Transactions Meningkat Meski Pasar Crypto Bergejolak!

Mengapa Midnight Penting bagi Masa Depan Cardano

Dengan peluncuran Midnight, Cardano menunjukkan komitmennya untuk memajukan privasi dalam industri blockchain. Sidechain ini menjanjikan kombinasi unik dari privasi dan fungsionalitas, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan cara yang lebih aman dan pribadi.

Privasi telah menjadi isu utama dalam dunia crypto, dengan banyak pengguna mencari solusi yang memungkinkan mereka untuk bertransaksi tanpa mengorbankan anonimitas mereka.

Dengan Midnight, Cardano berada di garis depan revolusi privasi ini, menunjukkan sekali lagi mengapa platform ini dianggap sebagai salah satu pemimpin dalam industri blockchain.

    Peluncuran Midnight oleh Cardano menandai langkah penting dalam upaya platform untuk menggabungkan privasi dan fungsionalitas. Dengan fokus pada ZKPs dan komitmen untuk inovasi, Cardano terus menunjukkan mengapa platform ini tetap menjadi salah satu pemain utama dalam dunia crypto.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer:
    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: