MicroStrategy Masuk S&P 500, Bitcoin Bakal Meroket? Ini Analisa Lengkapnya!

MicroStrategy Masuk S&P 500, Bitcoin Bakal Meroket? Ini Analisa Lengkapnya!

Perusahaan perangkat lunak analitik bisnis, MicroStrategy, yang juga merupakan pemegang Bitcoin korporat terbesar, perlahan-lahan merangkak menuju peluang untuk masuk ke dalam indeks S&P 500. Jika hal ini terjadi, maka Bitcoin akan muncul di hampir setiap portofolio investasi.

Namun, MicroStrategy masih harus memenuhi kriteria kelayakan yang ketat dan mengamankan peningkatan kapitalisasi pasar yang besar. Data menunjukkan bahwa MicroStrategy naik ke posisi ke-535 di antara perusahaan publik terbesar di Amerika Serikat pada tanggal 15 Februari, setelah rentang perdagangan delapan hari yang membuat harga sahamnya melonjak 46%. Simak berita lengkapnya berikut ii!

Kriteria Masuk S&P 500

microstrategy masuk sp 500
Perusahaan publik terbesar di AS berdasarkan kapitalisasi pasar: Sumber: Kapitalisasi Pasar Perusahaan

Untuk masuk ke indeks S&P 500, yang melacak 500 perusahaan terbesar yang terdaftar di bursa saham di AS, sebuah perusahaan harus memenuhi beberapa kriteria kelayakan, termasuk persyaratan kapitalisasi pasar minimum dan jumlah laba positif selama empat kuartal sebelumnya, selain menguntungkan pada kuartal terakhir.

Selain itu, setidaknya 250.000 saham harus telah diperdagangkan selama enam bulan terakhir, dan sebagian besar saham harus berada di tangan publik. Di bawah aturan saat ini, perusahaan kandidat membutuhkan kapitalisasi pasar sebesar $15,8 miliar untuk memenuhi syarat. Kapitalisasi pasar MicroStrategy saat ini berada di angka $12,1 miliar, yang berarti harga sahamnya saat ini $718 harus naik menjadi $937 jika semua faktor lainnya sama.

Baca Juga: MicroStrategy Tambah 850 Bitcoin, Total Aset Crypto Capai $8,1 Miliar!

Dampak Masuknya MicroStrategy ke S&P 500

dampak masuknya microstrategy sp500
Sumber: Akun X Joe Burnett

Jika MicroStrategy berhasil masuk ke dalam S&P 500, hal itu dapat “memicu umpan balik positif yang besar” dari eksposur Bitcoin di hampir setiap portofolio ETF, menurut Joe Burnett, manajer pemasaran produk senior di perusahaan layanan keuangan Bitcoin, Unchained. Jika MicroStrategy dimasukkan dalam S&P 500, Bitcoin akan mulai “secara otomatis menyusup ke hampir setiap portofolio,” kata Burnett.

“Ini termasuk dana pensiun tradisional Anda, dana pensiun Anda, dan setiap portofolio 60:40.” Tiga dana yang diperdagangkan di bursa terbesar berdasarkan aset yang dikelola melacak S&P 500 – yaitu SPDR S&P 500 ETF Trust dari State Street, iShares Core S&P 500 dari BlackRock, dan Vanguard S&P 500 ETF, dengan aset masing-masing lebih dari $400 miliar, menurut database ETF VettaFi.

Jika MicroStrategy berhasil masuk ke S&P 500, bobot portofolionya akan menjadi sekitar 0,01% dari dana indeks. Data menunjukkan bahwa S&P 500 saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar $41,9 triliun, yang berarti MicroStrategy akan menghabiskan $12 miliar dalam alokasi modal pasif dengan bobot 0,01%.

Baca Juga: Saham MicroStrategy Anjlok 20% Karena ETF Bitcoin, Apa Dampaknya?

Strategi MicroStrategy

MicroStrategy saat ini memegang 190.000 BTC dengan harga pembelian rata-rata $31.224 – yang berarti perusahaan tersebut naik $3,9 miliar dari investasinya. Hal ini terjadi ketika pendiri dan ketua perusahaan, Michael Saylor, mengungkapkan bahwa MicroStrategy sedang bertransisi dari perusahaan intelijen bisnis menjadi “perusahaan pengembangan Bitcoin” pada tanggal 9 Februari.

Kesimpulan

Masuknya MicroStrategy ke dalam indeks S&P 500 dapat menjadi tonggak sejarah yang signifikan bagi Bitcoin dan pasar mata uang kripto secara keseluruhan. Jika hal ini terjadi, Bitcoin akan semakin diterima oleh investor arus utama dan dapat memicu peningkatan harga yang signifikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi