MicroStrategy Luncurkan Solusi Identitas Desentralisasi Berbasis Bitcoin!

author:

MicroStrategy Luncurkan Solusi Identitas Desentralisasi Berbasis Bitcoin!

Jakarta, Pintu News – MicroStrategy, perusahaan perangkat lunak dan intelijen bisnis yang berbasis di Amerika Serikat, baru saja memperkenalkan protokol identifikasi desentralisasi bernama Orange.

Protokol inovatif ini diluncurkan pada acara tahunan MicroStrategy World di Las Vegas pada tanggal 1 Mei 2024.

Solusi Identitas Desentralisasi Orange

Selama segmen yang disebut “Keamanan Bitcoin”, Michael Saylor, salah satu pendiri dan Ketua Eksekutif MicroStrategy, menjelaskan ide di balik protokol Orange.

Baca juga: Taktik Investasi Bitcoin Pendiri MicroStrategy Michael Saylor Bawa Keuntungan $400 Juta!

Saylor menekankan bahwa protokol ini memastikan identitas desentralisasi dikelola secara efisien, mengurangi biaya transaksi dan penggunaan ruang blok—yang merupakan masalah umum dalam operasi blockchain. Namun, belum jelas kapan MicroStrategy akan secara resmi meluncurkan protokol Orange.

Berdasarkan informasi pada “draf tidak resmi” mereka di Github, fondasi teknologi Orange didasarkan pada inskripsi Bitcoin. Orange menanamkan informasi DID langsung pada blockchain, tidak seperti metode DID lainnya yang bergantung pada sumber data eksternal atau dependensi tambahan.

Orange Meningkatkan Langkah Keamanan

Diagram alir cara kerja aplikasi Orange For Outlook dari MicroStrategy. Sumber: MicroStrategy

Menurut laporan, metode menanamkan informasi DID langsung pada blockchain ini mengamankan keabadian dan integritas data sekaligus meningkatkan fungsionalitas keseluruhan identitas digital dan kompatibilitas ke depannya.

Sebagai contoh, metode DID Referensi Bitcoin (did:btcr) bergantung pada referensi URL untuk mengambil data dokumen DID. Ketergantungan seperti itu dapat membahayakan sifat blockchain yang tidak dapat diubah jika konten URL berubah.

Sebaliknya, Orange menyimpan data tambahan untuk dokumen DID secara langsung di rantai. Selain itu, ION (did:ion) memerlukan pengindeksan semua data IPFS yang ditunjuk oleh transaksi Bitcoin, yang memperkenalkan lebih banyak dependensi eksternal.

Penggunaan transaksi pengungkapan jalur skrip taproot Orange memungkinkan penyimpanan data dalam jumlah yang berubah-ubah dalam saksi transaksi Bitcoin melalui prasasti.

Baca juga: Michael Saylor Ungkap Bitcoin Bukan Mata Uang, Melainkan Aset Digital yang Harus Dimiliki!

Oleh karena itu, Orange dapat menghindari dependensi ini. Lebih lanjut, Orange meningkatkan langkah-langkah keamanan dengan membedakan antara “kunci dompet” yang digunakan untuk menandatangani transaksi Bitcoin di rantai dan “kunci subjek” yang mengautentikasi subjek DID.

Pemisahan ini memungkinkan pihak ketiga untuk mengelola DID atas nama subjeknya atau memerlukan banyak tanda tangan. Oleh karena itu, ia menawarkan lapisan keamanan dan kontrol ekstra.

Dukungan MicroStrategy untuk Bitcoin

Langkah ini menunjukkan dukungan dan keterlibatan berkelanjutan MicroStrategy dalam ekosistem Bitcoin. Sebelumnya pada bulan Februari, Saylor mengatakan perusahaan tersebut beralih ke strategi pengembangan Bitcoin.

Akuisisi Bitcoin terbaru MicroStrategy semakin memperkuat visi jangka panjangnya terhadap Bitcoin. BeInCrypto melaporkan bahwa MicroStrategy membeli 122 BTC tambahan pada bulan April ini, dengan total $7,8 juta.

Transaksi tersebut meningkatkan kepemilikan MicroStrategy menjadi 214.400 BTC, yang sekarang bernilai lebih dari $12,35 miliar. Dengan jumlah kepemilikannya, MicroStrategy memposisikan dirinya sebagai pemain utama dengan lebih dari 1% dari pasokan Bitcoin 21 juta yang terbatas. Namun, perkembangan positif ini belum berdampak langsung pada harga saham MicroStrategy (MSTR).

Pada tanggal 1 Mei 2024, harga penutupan MSTR adalah $1.065,03. Namun demikian, dalam jangka waktu yang lebih lama, MSTR telah naik sekitar 180% tahun ini, naik dari $685,15 pada tanggal 2 Januari hingga mencapai puncaknya di $1.919,16 pada tanggal 27 Maret.

Secara keseluruhan, MicroStrategy Orange adalah langkah maju yang signifikan dalam dunia identitas desentralisasi.

Dengan memanfaatkan teknologi blockchain Bitcoin, Orange menawarkan solusi yang aman, efisien, dan skalabel untuk mengelola identitas digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bitcoin Magazine