MicroStrategy Kini Pegang 1% Pasokan Bitcoin Dunia, Bagaimana Bisa?

MicroStrategy Kini Pegang 1% Pasokan Bitcoin Dunia, Bagaimana Bisa?

Jakarta, Pintu News – Perusahaan perangkat lunak MicroStrategy telah meningkatkan kepemilikan Bitcoin-nya secara substansial. Setelah menyelesaikan penawaran obligasi konversi senior, perusahaan mengumumkan akuisisi tambahan 9.245 Bitcoin (BTC).

Pembelian ini mendorong total kepemilikan MicroStrategy menjadi 214.246 BTC, senilai $7,53 miliar. Ini menandai tonggak sejarah yang signifikan, memposisikan perusahaan sebagai pemain dominan dengan lebih dari 1% dari pasokan Bitcoin yang terbatas sebanyak 21 juta. Simak berita lengkapnya berikut ini!

MicroStrategy Masuk Daftar Pemegang Bitcoin Terbesar

harga bitcoin mstr
Microstrategy, Kinerja Harga Bitcoin. Sumber: TradingView

Michael Saylor, pendiri dan ketua eksekutif MicroStrategy, menyoroti pengejaran tanpa henti perusahaan terhadap akumulasi Bitcoin. Akuisisi terbaru, dengan biaya $623 juta, menunjukkan investasi strategis perusahaan dengan harga rata-rata $67.382 per BTC. Langkah ini mengikuti keberhasilan penawaran obligasi konversi senior senilai $603 juta yang jatuh tempo pada tahun 2031, yang bertujuan untuk meningkatkan cadangan Bitcoin.

Hasil bersih dari penjualan ini sekitar $592,3 juta, dengan memperhitungkan diskon, komisi, dan perkiraan biaya penawaran. Sebelum ini, portofolio Bitcoin MicroStrategy mencapai 205.000 BTC. Strategi investasi agresif perusahaan sempat memposisikannya di atas dana Bitcoin yang diperdagangkan di bursa (ETF) milik BlackRock, IBIT, dalam hal kepemilikan, bahkan melampaui raksasa manajemen aset tersebut.

Baca Juga: Inovasi Baru di Dunia NFT: ERC-7231 Siap Jadi Game-Changer!

Harga Saham MicroStrategy Turun, Analis Khawatir

Terlepas dari pembelian Bitcoin yang signifikan, saham MicroStrategy turun 5,7% pada 19 Maret di tengah penurunan pasar mata uang kripto yang lebih luas. Penurunan ini mengikuti koreksi harga Bitcoin sebesar 18%, yang turun dari $74.000 menjadi $60.800. Meskipun nilai Bitcoin menurun, analis tetap optimis tentang potensi jangka panjangnya, meskipun kekhawatiran tentang pendekatan MicroStrategy yang didanai utang telah muncul.

Analis dari JPMorgan memperingatkan terhadap risiko leverage dalam reli kripto, menunjukkan bahwa hal itu dapat memperburuk potensi penurunan.

“Kami percaya pembelian Bitcoin yang didanai utang oleh MicroStrategy menambah leverage dan buih pada reli kripto saat ini dan meningkatkan risiko deleveraging yang lebih parah dalam potensi penurunan di masa mendatang,” tulis analis yang dipimpin oleh Nikolaos Panigirtzoglou.

Meskipun demikian, strategi MicroStrategy, yang dipimpin oleh visi Saylor, tetap teguh. Perusahaan bertujuan untuk memanfaatkan modal murah untuk memaksimalkan akuisisi Bitcoin-nya, melihat aset digital sebagai investasi utama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi