Invasi MicroStrategy ke Dunia Crypto: Pembelian Bitcoin Jumbo!

Invasi MicroStrategy ke Dunia Crypto: Pembelian Bitcoin Jumbo!

Dalam dunia keuangan yang penuh gejolak, MicroStrategy telah mengambil langkah besar dengan memborong ribuan Bitcoin, menandakan kepercayaan yang mendalam terhadap potensi crypto.

Langkah ini tidak hanya menegaskan posisi Bitcoin sebagai aset pilihan bagi investor crypto institusional tetapi juga menyoroti pengaruh Bitcoin halving yang akan datang terhadap pasar.

Pembelian Strategis oleh MicroStrategy

MicroStrategy, perusahaan perangkat lunak yang telah menjadikan pembelian Bitcoin sebagai bagian dari strategi korporatnya, baru-baru ini menambahkan sekitar 3.000 token crypto ke dalam portofolionya dengan pengeluaran sebesar $155,4 juta.

Ini meningkatkan total kepemilikan perusahaan menjadi sekitar 193.000 Bitcoin, dengan nilai pasar sekitar $9,88 miliar. Langkah ini mencerminkan keyakinan Michael Saylor, ketua dan pendiri bersama MicroStrategy, pada Bitcoin sebagai lindung nilai inflasi dan alternatif untuk menyimpan kas.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak ke Angka Fantastis, Apakah Kamu Sudah Siap Menyaksikan?

Pembelian terbaru ini dilakukan dengan tunai antara 15 dan 25 Februari, menurut pengajuan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Saylor, yang memulai pembelian Bitcoin pada tahun 2020, telah menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa tidak ada alasan untuk menjual “pemenang”, menegaskan komitmennya terhadap crypto sebagai investasi jangka panjang.

Dampak Halving dan Permintaan Institusional

bitcoin halving 2024
Sumber: CNBC TV

Halving Bitcoin, yang dijadwalkan pada April, diharapkan akan membawa dampak signifikan terhadap harga Bitcoin dan saham MicroStrategy. Halving ini akan mengurangi hadiah bagi penambang Bitcoin menjadi setengah, yang secara teoritis akan mengurangi pasokan Bitcoin baru di pasar dan dianggap sebagai katalis bullish jangka panjang.

Analis senior Benchmark, Mark Palmer, memprediksi bahwa halving ini, bersama dengan permintaan institusional yang meningkat, akan mendorong harga saham MicroStrategy.

Palmer juga menyoroti bahwa ETF Bitcoin spot baru di Amerika Serikat telah menarik investasi institusional yang kuat, dengan inflow bersih signifikan sejak diluncurkannya. Ini menambah bukti bahwa minat terhadap Bitcoin dan crypto secara umum semakin meningkat di kalangan investor institusional, yang dapat berkontribusi pada kenaikan harga Bitcoin dan saham perusahaan yang terkait dengannya.

Strategi Operasional dan Prospek Masa Depan

MicroStrategy menerapkan strategi operasional yang memanfaatkan pembiayaan utang dan penjualan saham untuk membiayai pembelian Bitcoin tanpa biaya tambahan. Strategi ini meningkatkan eksposur langsung perusahaan terhadap Bitcoin, yang, menurut Palmer, akan menguntungkan perusahaan jika harga Bitcoin terus naik.

Dengan total kepemilikan Bitcoin yang kini bernilai lebih dari $11 miliar, MicroStrategy telah menegaskan posisinya sebagai pemain utama dalam dunia crypto. Langkah berani ini tidak hanya menunjukkan kepercayaan pada Bitcoin sebagai aset digital utama tetapi juga menandai era baru di mana perusahaan besar mulai mengintegrasikan crypto ke dalam strategi investasi dan operasional mereka.

Baca Juga: Meledak! Harga Bitcoin Tembus Rp970 Juta Hari Ini, Capai Nilai Tertinggi Sejak 2 Tahun Lalu

MicroStrategy dan Michael Saylor telah membuktikan bahwa dengan visi yang kuat dan strategi yang berani, dunia crypto menawarkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan halving Bitcoin yang mendekat dan minat institusional yang terus bertumbuh, masa depan crypto tampak semakin cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: