Gila-gilaan, MicroStrategy Membeli Bitcoin Senilai Rp5,2 Triliun!

author:

Gila-gilaan, MicroStrategy Membeli Bitcoin Senilai Rp5,2 Triliun!

MicroStrategy, perusahaan intelijen bisnis yang dipimpin oleh Michael Saylor, kembali menjadi sorotan dengan pengumuman pembelian Bitcoin dalam jumlah besar. Dalam kurun waktu antara 29 April 2023 dan 27 Juni 2023, MicroStrategy dan anak perusahaannya telah membeli sekitar 12,333 Bitcoin senilai $347 juta atau setara dengan Rp5,2 triliun.

Pembelian tersebut menandai pembelian terbesar oleh MicroStrategy tahun ini, melebihi pembelian sebelumnya pada Maret dan April yang totalnya mencapai 7,500 BTC senilai $179,3 juta (Rp2,6 triliun).

MicroStrategy dan Strategi Pembelian Bitcoin (BTC)

michael saylor beli bitcoin
Twitter

Pada 28 Juni 2023, perusahaan analitik perangkat lunak MicroStrategy mengumumkan pembelian korporat 12,333 Bitcoin (BTC), senilai $347 juta pada saat publikasi. Setelah transaksi tersebut, saldo total BTC yang dimiliki oleh MicroStrategy meningkat menjadi 152,333 ($4,52 miliar), dengan harga pembelian rata-rata $29,668 per koin.

Pembelian ini sebagian dibiayai dengan penerbitan saham baru, seperti yang ditulis oleh perusahaan,

“Pada 1 Mei 2023, MicroStrategy memasuki Perjanjian Penjualan dengan Cowen and Company, LLC dan Canaccord Genuity LLC, sebagai agen penjualan, di mana MicroStrategy dapat menerbitkan dan menjual saham kelas A biasa, nilai nominal $0,001 per saham (“Saham”), dengan harga penawaran agregat hingga $625,0 juta dari waktu ke waktu melalui Agen.”

Per 28 Juni 2023, MicroStrategy telah menerbitkan dan menjual total 1,079,170 saham berdasarkan perjanjian tersebut dengan total pendapatan bersih sebesar $337 juta. Cointelegraph sebelumnya melaporkanpada 5 April bahwa MicroStrategy menambahkan 1,045 BTC ($29,3 juta) ke neraca keuangannya.

Baca juga: Bukan BlackRock, ARK Invest Jadi Antrian Pertama dalam Pengajuan ETF Bitcoin Spot?

Pembelian Bitcoin (BTC) oleh MicroStrategy: Strategi atau Kutukan?

microstrategy pilih eth
Sumber: Medium

Peserta pasa berpengalaman berpendapat bahwa pembelian Bitcoin (BTC) oleh Saylor dan MicroStrategy sebagai sinyal potensial dari puncak lokal untuk harga BTC. Menariknya, pada hari pengumuman penultimate Saylor pada Maret 2023 lalu, harga Bitcoin mengalami penurunan 5%. Demikian pula, pada 5 April 2023, setelah pembelian lain oleh MicroStrategy, harga Bitcoin turun lebih dari 3% selama hari itu.

Terkait kejadian yang kebetulan ini, penting untuk dicatat bahwa BTC telah menunjukkan pertumbuhan konsisten sejak kejadian tersebut. Faktanya, setelah kedua pembelian tersebut, Bitcoin (BTC) tercatat mengalami peningkatan berikutnya sebesar 8% dan 11%.

Sekarang, MicroStrategy, bersama dengan anak perusahaannya, memiliki total sekitar 152,333 Bitcoin. Aset digital ini diperoleh dengan harga pembelian total sekitar $4,52 miliar, dengan harga pembelian rata-rata sekitar $29,668 per BTC, termasuk biaya dan pengeluaran.

MicroStrategy dan Dampaknya pada Pasar Bitcoin

MicroStrategy, yang didirikan oleh miliarder crypto Michael Saylor, adalah salah satu pemegang Bitcoin (BTC) terbesar. MicroStrategy juga mengatakan bahwa mereka menjual sebagian sahamnya senilai $333,7 juta sesuai dengan perjanjian penjualan saham yang sebelumnya diungkapkan.

Pada bulan Mei 2023 lalu, perusahaan tersebut telah mencatat penurunan yang lebih kecil dari yang diharapkan untuk kuartal pertama pada kepemilikan bitcoinnya. Saham perusahaan turun 1% menjadi $321,44 selama perdagangan pra-pasar, mencerminkan bitcoin, yang turun lebih dari 1% menjadi $30,288.

Baca juga: CEO CoinShares: Institusi Finansial dengan Aset Rp404 Kuadriliun Siap Sambut Bitcoin!

Dengan pembelian terbaru ini, MicroStrategy kini memiliki 152,333 bitcoin, senilai lebih dari $4,6 miliar dengan harga saat ini. Ini menunjukkan betapa besar komitmen dan keyakinan MicroStrategy terhadap Bitcoin, meskipun fluktuasi harga yang sering terjadi.

Pada akhirnya, MicroStrategy terus menunjukkan komitmennya terhadap Bitcoin dengan pembelian besar-besaran ini. Langkah ini tidak hanya menunjukkan keyakinan perusahaan dalam nilai jangka panjang Bitcoin, tetapi juga menunjukkan bagaimana perusahaan besar semakin menerima Bitcoin sebagai bagian dari strategi investasi mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: