Microsoft dan Tencent Bergabung dalam Jaringan Infura Terdesentralisasi

author:

Microsoft dan Tencent Bergabung dalam Jaringan Infura Terdesentralisasi

Infura, penyedia utama API Web3, mengumumkan kemitraan dengan Microsoft, Tencent, dan perusahaan teknologi raksasa lainnya untuk membangun Jaringan Infrastruktur Terdesentralisasi (DIN).

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas, keandalan, dan efisiensi Web3.

Microsoft, Tencent, dan Infura: Kemitraan untuk Masa Depan Web3

microsoft infura network
Sumber: Consensys

Infura, yang dikembangkan oleh Consensys, menawarkan akses API ke jaringan Ethereum dan IPFS, berfungsi sebagai titik akses bagi sebagian besar DApps. Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan desentralisasi di jaringan Infura, mencegah gangguan layanan Web3 seperti MetaMask.

Baca juga: Siap Bersaing dengan OpenAI, Microsoft Luncurkan Chip AI Bernama “Athena”

Signifikansi kemitraan ini terletak pada perusahaan besar yang sejalan dengan misi Infura untuk mendesentralisasi setiap lapisan infrastruktur blockchain. DIN, yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada kuartal keempat, bertujuan untuk memecahkan masalah sentralisasi Infura, yang saat ini dikendalikan oleh Consensys.

DIN akan menawarkan dukungan failover untuk jaringan Ethereum dan Polygon, menjamin tingkat uptime yang lebih tinggi selama gangguan.

Manfaat DIN bagi Dunia Crypto

DIN akan memberikan akses yang lebih andal dan tahan sensor ke Ethereum, menghilangkan ketergantungan pada penyedia layanan tunggal. Masalah sentralisasi ini menjadi sorotan ketika dompet MetaMask berhenti bekerja karena gangguan sementara Infura, yang mempengaruhi bursa sentral dan proyek DeFi.

Mendesentralisasi penyedia data blockchain di jaringan Infura sangat penting untuk resistensi sensor jangka panjang. Infura terbuka untuk penyedia infrastruktur internet yang sangat andal lainnya yang bergabung dengan DIN.

Baca juga: Didukung Nvidia, Bitdeer Siap Luncurkan AI Cloud pada Kuartal Pertama 2024

Infura dan Masa Depan Jaringan Terdesentralisasi

Fase saat ini dari DIN adalah federasi, di mana Infura dan 18 mitra bekerja sebagai mitra yang setara. Infura bertujuan untuk mengatur DIN sebagai organisasi otonom terdesentralisasi atau struktur tata kelola lainnya yang memastikan suara yang sama untuk setiap mitra.

Kemitraan dengan raksasa teknologi ini menandai tonggak penting dalam mendesentralisasi dan membuat jaringan Infura lebih tahan sensor. DIN akan memberikan titik akses yang lebih andal dan terdesentralisasi ke Ethereum untuk sektor DeFi.

Dengan bergabungnya Microsoft dan Tencent dalam jaringan Infura terdesentralisasi, ini menandai langkah besar dalam membangun masa depan yang lebih terdesentralisasi dan tahan sensor untuk dunia crypto.

Dengan DIN, akses ke Ethereum untuk sektor DeFi akan menjadi lebih andal dan terdesentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: