Microsoft Berinvestasi $1,5 Miliar pada Perusahaan AI Emirat yang Berbasis di Abu Dhabi!

author:

Microsoft Berinvestasi $1,5 Miliar pada Perusahaan AI Emirat yang Berbasis di Abu Dhabi!

Jakarta, Pintu News – Microsoft terus memperluas jangkauannya dalam kecerdasan buatan (AI) global melalui kemitraan strategis dan investasi sebesar $1,5 miliar di perusahaan induk teknologi AI yang berbasis di Abu Dhabi, G42.

Investasi ini bertujuan untuk mendorong pengembangan AI ke depan dan memperluas aksesibilitas teknologi mutakhir baik di Uni Emirat Arab (UEA) maupun di skala global.

Investasi $1,5 Miliar Microsoft kepada G42

Sumber: Medium

Microsoft membuat investasi besar terkait AI lainnya, kali ini menggelontorkan $1,5 miliar ke G42, sebuah perusahaan induk AI yang berbasis di Uni Emirat Arab. Kesepakatan ini menandai langkah strategis terbaru Microsoft dalam persaingan AI dan menunjukkan kredibilitas ekosistem teknologi Timur Tengah yang berkembang.

Baca juga: Huawei Luncurkan Laptop Bertenaga AI, Picu Kontroversi di Amerika Serikat, Ada Apa?

Didirikan pada tahun 2018, G42 memiliki banyak perusahaan di berbagai industri termasuk perawatan kesehatan, minyak dan gas, serta keuangan.

Dalam sebuah postingan blog, Microsoft menuliskan,

“Kemitraan komersial ini didukung oleh jaminan kepada pemerintah AS dan UEA melalui perjanjian mengikat pertama di jenisnya untuk menerapkan praktik terbaik kelas dunia guna memastikan pengembangan dan penerapan AI yang aman, tepercaya, dan bertanggung jawab,”

Kolaborasi Strategis Microsoft dan G42

Sebagai bagian dari kolaborasi, G42 akan menjalankan aplikasi dan layanan AI-nya menggunakan platform komputasi AI Microsoft, Azure. Kemitraan ini akan melampaui Emirates dan menyediakan solusi AI canggih untuk klien di sektor publik global dan perusahaan besar.

Lebih lanjut, investasi ini juga bertujuan untuk mendukung pengembangan keterampilan bagi pekerja di UEA untuk membangun tenaga kerja dan kumpulan bakat AI yang beragam.

Sheikh Tahnoon bin Zayed Al Nahyan, ketua G42, menyatakan bahwa investasi ini merupakan momen penting dalam pertumbuhan perusahaan.

Sementara itu, Brad Smith, wakil ketua dan presiden Microsoft, menyebutkan bahwa kemitraan ini juga akan fokus pada wilayah dunia yang lebih membutuhkan.

Baca juga: Revolusi Pendidikan: Meta Bawa Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) ke Ruang Kelas!

Dampak Investasi Microsoft pada Pengembangan AI Global

microsoft cari ahli ai

Investasi Microsoft di G42 merupakan langkah signifikan dalam mempercepat pengembangan AI secara global. Kolaborasi ini akan memungkinkan G42 untuk memanfaatkan platform Azure yang canggih dan jaringan global Microsoft untuk memperluas jangkauan solusi AI-nya.

Selain itu, investasi ini akan mendukung pengembangan keterampilan AI di UEA, menciptakan peluang kerja baru, dan mendorong inovasi dalam berbagai sektor industri.

Secara keseluruhan, dengan menggabungkan keahlian dan sumber daya mereka, kedua perusahaan ini akan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan AI dan mendorong transformasi digital di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Microsoft News