Microsoft, Goldman Sachs, Deloitte, dan Lainnya Bermitra dalam Jaringan Blockchain Baru

author:

Microsoft, Goldman Sachs, Deloitte, dan Lainnya Bermitra dalam Jaringan Blockchain Baru

Beberapa perusahaan raksasa seperti Microsoft, Goldman Sachs, dan Deloitte, baru-baru ini bergabung dalam kolaborasi untuk mengembangkan jaringan blockchain baru.

Tujuan utama dari kolaborasi ini adalah untuk mengembangkan infrastruktur blockchain yang dapat menghubungkan aplikasi-aplikasi institusional dan mendorong adopsi yang lebih luas dari teknologi buku besar terdistribusi di pasar keuangan.

Canton Network, Blockchain yang Didesain untuk Industri Manajemen Aset Institusional

Menurut siaran pers pada tanggal 9 Mei 2023, Canton Network akan menjadi blockchain yang dapat dioperasikan dengan fitur privasi yang dirancang untuk industri manajemen aset institusional.

Canton dibangun di atas Daml, bahasa smart contract Aset Digital, yang menciptakan sistem yang dapat dioperasikan di mana “aset, data, dan uang tunai” dapat disinkronkan di seluruh aplikasi yang terhubung.

Mengutip laporan Bitcoinist, hal ini akan memungkinkan untuk menyinkronkan berbagai pasar keuangan yang berbeda yang “sebelumnya terpisah-pisah.” Lebih lanjut, laporan Bloomberg menyebut usaha baru ini sebagai “upaya kolaboratif yang dapat menjadi sangat penting untuk teknologi buku besar di pasar keuangan.”

Baca juga: Canto Blockchain Siap Lakukan Voting Penting, Apa Pengaruh untuk CANTO?

Selain itu, Canton Network berusaha untuk mengintegrasikan “aplikasi institusi yang berbeda,” yang dapat memberikan dampak positif bagi seluruh industri. Menurut laporan, Canton Network menyediakan lingkungan yang aman dan lancar untuk platform keuangan, memfasilitasi sinkronisasi uang tunai, data, dan aset di antara berbagai aplikasi.

Teknologi revolusioner ini merupakan langkah signifikan untuk mengatasi tantangan yang sering dihadapi platform keuangan dalam operasi mereka.

Perusahaan Raksasa Bergabung dalam Kolaborasi Blockchain Baru

perusahaan raksasa berkolaborasi blockchain baru
Cryptopolitan

Akan dimulai pada bulan Juli 2023, jaringan Canton mencakup kontrol privasi yang luas dan kemampuan untuk mencapai skala dan kinerja yang dibutuhkan oleh lembaga keuangan besar. Peserta jaringan saat ini termasuk BNP Paribas, Cboe Global Markets, Digital Asset, Paxos, Microsoft, Goldman Sachs, Deloitte, dan lainnya.

Cathy Clay, wakil presiden eksekutif Cboe Global Markets, salah satu mitra dalam proyek ini, mengatakan bahwa, jika dimanfaatkan, teknologi blockchain berpotensi “membuka” peluang baru di pasar.

“Tokenisasi aset dunia nyata dapat menawarkan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menciptakan infrastruktur pasar baru dan mendorong efisiensi dalam perdagangan produk di seluruh dunia.”

Lebih lanjut, jaringan ini akan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keamanan dan transparansi dalam transaksi bisnis mereka.

Pengaruh Kolaborasi Ini Terhadap Industri Keuangan dan Teknologi

Kolaborasi dan proyek blockchain baru yang melibatkan perusahaan-perusahaan besar ini dapat memiliki pengaruh yang besar terhadap industri keuangan dan teknologi.

Baca juga: MakerDAO Luncurkan Spark Protocol, Revolusi Pinjaman DeFi untuk Pengguna DAI!

Pengembangan jaringan blockchain yang lebih efektif dan efisien dapat mempercepat transaksi bisnis dan investasi, serta meningkatkan keamanan dan transparansi.

Namun, pengembangan teknologi blockchain juga dapat memunculkan tantangan dan risiko yang perlu dipertimbangkan secara hati-hati. Misalnya, keamanan dan privasi data dapat menjadi masalah, dan regulasi yang tidak sesuai dengan perkembangan teknologi juga dapat menghambat inovasi dan penggunaan teknologi blockchain.


Referensi: