Siap Bersaing dengan OpenAI, Microsoft Luncurkan Chip AI Bernama “Athena”

author:

Siap Bersaing dengan OpenAI, Microsoft Luncurkan Chip AI Bernama “Athena”

Microsoft, perusahaan teknologi global yang terkenal, siap untuk membuat gelombang besar dengan pengumuman penting di konferensi tahunan pengembang mereka, ‘Ignite’. Pengumuman penting ini berkaitan dengan rencana Microsoft untuk membuat chip AI mereka sendiri, yang diberi nama Athena.

Microsoft Mengungkap Athena

microsoft luncurkan chip ai athena

Microsoft sedang bersiap untuk pengumuman penting di konferensi tahunan pengembang mereka yang dikenal sebagai ‘Ignite’, yang akan berlangsung bulan depan. Pengumuman penting ini berkaitan dengan rencana Microsoft untuk membuat chip AI mereka sendiri, yang diberi nama Athena. Setelah selesai dikembangkan, chip ini akan digunakan di pusat data server mereka.

Baca juga: Ingin Lepas dari Microsoft, OpenAI Berencana Membuat Chip AI Sendiri!

Saat ini, model bahasa lanjutan (LLMs) yang digunakan oleh pelanggan cloud Microsoft, termasuk OpenAI dan Intuit, serta fitur AI lainnya yang terintegrasi ke dalam aplikasi produktivitas Microsoft, ditenagai oleh GPU Nvidia.

Namun, dengan peluncuran Athena, perusahaan teknologi besar ini berada dalam posisi untuk memiliki lebih banyak kontrol, meningkatkan efisiensi biaya, dan memastikan pasokan chip yang stabil untuk proyek AI mereka.

Microsoft vs OpenAI: Siapa yang Akan Berhasil?

Laporan terkini tentang langkah Microsoft untuk meluncurkan chip AI mereka sendiri mencerminkan tren yang lebih besar dalam industri teknologi. Beberapa perusahaan, seperti OpenAI, sedang mengeksplorasi pembuatan chip AI mereka sendiri.

OpenAI, organisasi di balik ChatGPT, sedang aktif dalam penelitian pembuatan chip AI mereka sendiri, sebuah langkah yang ditujukan untuk mengatasi kekurangan chip. Sementara itu, Microsoft sedang mengeksplorasi pengembangan perangkat keras AI karena kekhawatiran tentang ketersediaan dan biaya perangkat keras yang diperlukan untuk pemrosesan AI.

Baca juga: Ukraina Luncurkan Roadmap Regulasi AI untuk Dorong Inovasi dan Melindungi HAM

Dengan chip AI Athena, Microsoft berusaha untuk memperkuat posisinya di dalam dunia AI yang dinamis sambil mengurangi ketergantungan mereka pada penyedia perangkat keras pihak ketiga.

Seiring dengan meningkatnya permintaan kemampuan AI di berbagai industri, perusahaan seperti Microsoft bersemangat untuk mengembangkan solusi AI internal, memastikan daya saing mereka dan mendorong inovasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: