Mickey Mouse dari “Steamboat Willie” Menjadi NFT Setelah Memasuki Domain Publik

Mickey Mouse dari “Steamboat Willie” Menjadi NFT Setelah Memasuki Domain Publik

Pada awal tahun 2023, “Steamboat Willie,” film pendek tahun 1928 yang menampilkan versi awal dari Mickey dan Minnie Mouse, memasuki domain publik di Amerika Serikat. Ini memungkinkan pencipta lain untuk menggunakan dan menggubah versi ini tanpa perlu membayar royalti atau bahkan meminta izin.

NFT Mickey Terjual Habis dalam Hitungan Jam!

Komunitas Web3 tidak lambat untuk mengambil keuntungan—dengan sejumlah NFT “Steamboat Willie” dan token meme yang menikmati lonjakan harga dan volume yang singkat.

Salah satu yang pertama, tepat pada tengah malam ET, adalah edisi Manifold dari still film yang menampilkan Mickey di kemudi kapal uapnya. Dibuat oleh Alexander Taub, salah satu pendiri Truth Labs, edisi 2000-count ini dicetak dengan harga 0,001 ETH dan terjual habis dalam beberapa jam.

Baca Juga: Beeple: Dari Desainer Grafis Biasa Jadi Seniman Digital Terkemuka dan Revolusioner Dunia NFT

Edisi ini menduduki puncak grafik volume OpenSea, dengan nol royalti, telah diperdagangkan lebih dari 611 ETH dalam volume per 2 Januari, dan mencapai harga lantai tertinggi pada 1 Januari sebesar 0,4 ETH.

Seniman NFT Terkemuka, Beeple, Turut Menciptakan NFT Mickey dan Bitcoin

Seniman NFT Mike Winkelmann Beeple
Unsplash

Beberapa tokoh NFT terkemuka lainnya bergabung dalam perayaan, termasuk kaligrafer Sarah Script, yang membuat Mickey dalam gaya tanda tangannya, dan Beeple, yang menggambar trio Mickey yang memegang Bitcoin sebagai karya seni harian pertamanya di tahun 2024.

Di Amerika Serikat, hak cipta berakhir setelah 95 tahun. Karya-karya terkenal lainnya yang memasuki domain publik pada tahun 2024 adalah “The House At Pooh Corner” karya A.A. Milne, di mana Tigger membuat debutnya, dan “Orlando” karya Virginia Woolf.

Bagi para pendukung domain publik, berakhirnya hak cipta konten Disney secara khusus simbolis, karena Disney pernah dua kali—pada tahun 1984 dan 2004—mendatangi Kongres AS untuk memperpanjang hak cipta karakternya.

Transformasi Teknologi NFT dan Web3

Untuk komunitas NFT, isu kebebasan kreatif dan kontrol yang membuat banyak seniman beralih ke Web3 membuat perpindahan “Steamboat Willie” ke domain publik menjadi sangat relevan.

Beberapa token meme bertema “Steamboat Willie” juga muncul bersamaan dengan NFT, termasuk $WILLIE dan $MICKEY. Diluncurkan kemarin, $WILLIE, sebuah token ERC-20, menampilkan Mickey Mouse hitam putih di situs webnya dan lelucon willie yang tak terhitung jumlahnya di akun X.

Baca Juga: CEO Perusahaan Ini Minta Maaf ke Kreator Terkenal Beeple, Apa yang Terjadi?

Per 2 Januari, token ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar $9,5 juta. Di Solana, $MICKEY memiliki kapitalisasi pasar yang lebih moderat sebesar $500.000 pada saat penulisan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: