Waspada! Michael Saylor Setiap Hari Basmi 80 Video Palsu yang Janjikan Kekayaan Bitcoin

Waspada! Michael Saylor Setiap Hari Basmi 80 Video Palsu yang Janjikan Kekayaan Bitcoin

Dunia maya kembali dihebohkan dengan aksi penipuan yang semakin canggih. Michael Saylor, sang eksekutif MicroStrategy, mengungkapkan perjuangannya melawan banjir video deepfake yang memanfaatkan wajahnya untuk menipu pengguna internet dengan iming-iming penggandaan Bitcoin. Setiap hari, timnya harus bekerja keras untuk menghapus sekitar 80 video palsu yang berpotensi merugikan banyak orang. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perang Melawan Deepfake

perang melawan deepfake
Sumber: Akun X Michael Saylor

Michael Saylor dan timnya saat ini tengah berada di garis depan memerangi penyebaran video deepfake. Video-video ini seringkali menampilkan Saylor yang seolah-olah menjanjikan penggandaan Bitcoin, padahal itu hanyalah tipuan.

Saylor telah memperingatkan lebih dari 3,2 juta pengikutnya di media sosial tentang bahaya video-video ini dan menegaskan bahwa MicroStrategy tidak pernah mengadakan promosi semacam itu. Kasus serupa juga menimpa tokoh lain di industri crypto, seperti Anatoly Yakovenko dari Solana.

Video deepfake yang menampilkan Yakovenko juga sempat beredar luas, menandakan bahwa masalah ini bukan hanya terbatas pada satu individu. Austin Federa dari Solana Foundation mengakui bahwa ada peningkatan substansial dalam konten AI yang dihasilkan belakangan ini.

Baca Juga: Michael Saylor Jual Saham MicroStrategy Demi Bitcoin, Apa Dampaknya?

Tantangan Mendeteksi Deepfake

tantangan mendeteksi deepfake
Sumber: Akun X Hologram News Network

Mendeteksi video deepfake bukanlah tugas yang mudah. Teknologi AI yang digunakan untuk membuat deepfake sangatlah canggih, sehingga membedakan antara video asli dan palsu menjadi sangat sulit. Metode moderasi konten tradisional sering kali kalah cepat dengan perkembangan teknologi deepfake yang pesat.

Untuk mengatasi wabah deepfake, diperlukan kerja sama antara perusahaan teknologi, platform media sosial, dan komunitas online secara luas. Pengembangan alat AI yang dirancang khusus untuk mendeteksi deepfake sangat penting untuk mengidentifikasi dan menghapus konten penipuan dengan cepat.

Selain solusi teknologi, meningkatkan kesadaran publik tentang keberadaan video deepfake dan bahayanya juga sangat krusial.

Baca Juga: Waspada! Michael Saylor Ungkap Ancaman Deepfake Bitcoin yang Menipu

Langkah Pencegahan dan Kesadaran Publik

Pengguna internet harus selalu waspada terhadap klaim luar biasa atau permintaan transfer crypto yang mencurigakan. Terutama jika sumbernya tidak dikenal atau tidak terpercaya.

Michael Saylor sendiri telah berulang kali mengingatkan pengikutnya untuk tidak mudah tergiur dengan janji-janji palsu yang beredar di internet.

Penting bagi setiap orang untuk memverifikasi informasi dan sumbernya sebelum mengambil tindakan apapun yang berkaitan dengan uang atau data pribadi. Edukasi tentang risiko deepfake dan penipuan crypto harus terus menerus disebarkan agar lebih banyak orang terhindar dari kerugian.

Paragraf Penutup

Perjuangan melawan video deepfake yang menjanjikan kekayaan Bitcoin merupakan pertempuran yang terus berlangsung. Michael Saylor dan para pemimpin industri lainnya berupaya keras untuk melindungi publik dari penipuan yang semakin canggih. Kesadaran dan kewaspadaan kita sebagai pengguna internet adalah kunci utama dalam menghadapi ancaman ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: