Michael Lewis Membela FTX dan Sam Bankman-Fried? Ini Reaksi Komunitas Crypto!

Michael Lewis Membela FTX dan Sam Bankman-Fried? Ini Reaksi Komunitas Crypto!

Michael Lewis, penulis terkenal, telah menimbulkan kontroversi besar di dunia crypto setelah mempertahankan FTX dan mantan CEO-nya, Sam Bankman-Fried, dalam sebuah wawancara. Meskipun banyak yang menentang pandangannya, Lewis menekankan bahwa FTX bukanlah skema Ponzi dan memiliki bisnis yang solid. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pandangan Lewis tentang FTX

Dalam wawancaranya dengan CBS’ 60 Minutes, Lewis berpendapat bahwa FTX memiliki “bisnis nyata yang hebat”, berbeda dengan operasi penipuan terkenal seperti yang dilakukan oleh Bernie Madoff.

Meskipun FTX runtuh pada bulan November lalu dan Bankman-Fried akan segera diadili atas tuduhan penipuan, Lewis menegaskan bahwa jika tidak ada tuduhan terhadap bisnis FTX, bursa tersebut masih akan menghasilkan banyak uang.

Lewis juga mengklaim bahwa Bankman-Fried pernah mempertimbangkan untuk menawarkan Donald Trump $5 miliar untuk mundur dari pencalonan presiden.

Baca Juga: Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

Reaksi Komunitas Crypto

Banyak tokoh crypto mengecam pandangan Lewis. Sean Tuffy, influencer Twitter, menunjukkan ketidakpercayaannya terhadap pernyataan Lewis. John E Deaton, pengacara pro XRP, menyatakan keheranannya dan mengklaim bahwa siapa pun yang peduli tentang ruang crypto akan marah dengan pelaporan ini.

BitMEX Research menambahkan keraguan tentang model bisnis FTX, menyarankan bahwa kesuksesan FTX mungkin bergantung pada faktor eksternal. Ryan Selkis, pendiri Messari, menyebut SBF sebagai “scumbag” dan mengkritik wawancara Michael Lewis.

Baca Juga: Pertarungan Raksasa Crypto, FTX Gugat LayerZero Labs di Tengah Krisis Keuangan!

Kontroversi di Sekitar FTX

ftx dan sbf
Sumber: Akun X Dan Held

FTX dituduh menggunakan dana pelanggan untuk menutupi kerugian di Alameda Research, perusahaan saudara FTX. Total kekurangan dana pelanggan FTX diperkirakan mencapai $8 miliar.

Sebelum runtuhnya FTX, CNBC melaporkan bahwa pendapatan bursa meningkat menjadi lebih dari $1 miliar pada tahun 2021, naik dari $89 juta tahun sebelumnya.

Namun, proses kebangkrutan FTX menunjukkan gambaran yang berbeda, dengan FTX dan Alameda mengalami kerugian operasional sebesar $3,7 miliar untuk tujuan pajak federal.

Pernyataan Michael Lewis tentang FTX dan Sam Bankman-Fried telah memicu perdebatan sengit di komunitas crypto. Meskipun banyak yang tidak setuju dengan pandangannya, diskusi ini menyoroti pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: