Metaverse Next Level! Perusahaan Ini Janjikan Konten Virtual Reality, Bisa Nonton Konser K-Pop?

author:

Metaverse Next Level! Perusahaan Ini Janjikan Konten Virtual Reality, Bisa Nonton Konser K-Pop?

Siap bawa dunia Metaverse to the next level, dilansir dari GeekMetaverse (12/1/23), Caliverse umumkan kemitraan dengan KT Alpha untuk memperluas platform Metaverse-nya, termasuk memasukkan konten virtual reality (VR). Penasaran seperti apa? Baca sampai sampai bawah!

Caliverse dan KT Alpha

Caliverse, anak perusahaan Lotte Data Communication, telah mengumumkan kerja sama dengan KT Alpha, anak perusahaan Korea Telecom, salah satu perusahaan telekomunikasi paling populer di Korea Selatan. Dilansir GeekMetaverse, KT Alpha adalah pemegang hak cipta terbesar di Korea Selatan, dengan lebih dari 20.000 konten video, termasuk film, animasi, dan drama asing. KT Alpha juga memasok sejumlah besar konten ke platform layanan video over-the-top seperti Netflix, Coupang, Wavve, Tving, dan Watcha, serta saluran TV kabel.

Kolaborasi yang terjalin dengan KT Alpha ini akan memungkinkan Caliverse untuk memperluas platform Metaverse-nya dengan memasukkan konten virtual reality (VR). Untuk merealisasikannya, perusahaan akan memanfaatkan konten dari KT Alpha, yang telah memasok hak atas konten dalam berbagai genre, film, animasi, dan serial domestik, dan mendistribusikannya melalui layanan streaming populer, seperti Netflix, Wavve, dan Watcha.

Kecanggihan Metaverse Buatan Caliverse

Metaverse Caliverse
Sumber: Pixabay

Menurut laporan, Caliverse telah mengembangkan platform Metaverse yang memungkinkan pengguna menjelajahi kota digital, menyimpan, dan berinteraksi dengan konten secara imersif, seolah-olah pengguna ada di sana secara pribadi. Untuk memanjakan penggunanya, perusahaan Caliverse menggunakan rekaman aksi langsung, rendering real-time 3D, dan teknologi interaktif untuk memberikan pengalaman seakurat mungkin. Beberapa proyek terkait video yang telah dikerjakan Caliverse hingga saat ini termasuk Interactive VR Cinema, sebuah drama VR berdurasi 118 menit di mana pengguna bisa mengalami berbagai alur cerita dengan memilih kata-kata dan tindakan protagonis. Selain itu terdapat Tech Vision Trailer, sebuah trailer yang menampilkan karya desain Hyundai dan pengujian fungsional di VR.

Selaku CEO dari Caliverse, Kim Dong-kyu mengatakan bahwa perusahaannya sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan kemitraan bersama KT Alpha guna memanfaatkan konten KT Alpha sebagai konten Virtual Reality di Metaverse buatannya.

Selain itu, Caliverse juga berniat untuk menyenangkan penggemar K-pop melalui konser dan konten lainnya dari artis dan juga idola favorit mereka di Metaverse. Kim Dong-kyu menambahkan bahwa salah satu tujuan Caliverse adalah membawa budaya musik populer Korea ke Metaverse-nya, sehingga penggemar bisa menikmatinya dimanapun mereka berada.

Baca juga: Dibilang Gagal, Metaverse Justru Diprediksi Tumbuh Hingga $29 Miliar 5 Tahun Ke Depan

Metaverse Next Level?

Konser K-POP di Metaverse
Sumber: Pixabay

Dalam laporan GeekMetaverse, Caliverse adalah perusahaan Korea Selatan yang dipimpin oleh Dongkyu Kim. Perusahaan ini telah mengembangkan teknologi yang dipatenkan, di mana teknologi tersebut dapat menangkap pandangan dan suara VR pengguna untuk menciptakan pengalaman interaktif yang unik. Berjalan pada jaringan teknologi operasi yang membentuk server MMO atau Massively Multiplayer Online, rendering sintesis film akan berlangsung secara real-time. Ditambah dengan grafik yang sangat detail dan realistis digunakan untuk mengembangkan konten Metaverse interaktif dengan cara yang berbeda dan lebih maju daripada Metaverse serupa lainnya. Sekarang ini, Caliverse bersiap untuk memperluas kemampuan penggunanya, di mana para pengguna dapat membeli tanah, bangunan, dan avatar yang dibuat dengan NFT, berbelanja di mall VR, serta menghadiri konser bersama dengan 65.000 penonton lainnya. Uniknya lagi, avatar, interior, dan konten buatan penggunanya juga dapat disesuaikan untuk pengalaman yang lebih personal.

Kecanggihan Metaverse yang diproduksi oleh perusahaan Korea Selatan memang tidak bisa diremehkan, hal ini dikarenakan dedikasi negara Korea Selatan yang ingin mendigitalkan negeranya. Pernyataan ini bisa dibuktikan oleh pemerintah Korea yang telah merogoh kocek sebanyak Rp3 miliar untuk ekosistem Metaverse. Selain Caliverse, beberapa perusahan besar Korea Selatan telah berlomba-lomba untuk meluncurkan dunia Metaverse yang unik dan menyenangkan.

Ingin tau bagaimana Korea Selatan mengadopsi Metaverse? Baca informasi lengkap Korea Selatan Investasikan Rp3 Miliar Untuk Ekosistem Metaverse.


Referensi: