Metaverse Mumbai: Menjembatani Teknologi dan Pembangunan Perkotaan

author:

Metaverse Mumbai: Menjembatani Teknologi dan Pembangunan Perkotaan

Mumbai, jantung finansial India, kini menjadi pionir dalam integrasi teknologi Metaverse dengan pembangunan urban.

Proyek Megapolis Metaverse Mumbai bertindak sebagai kembaran digital kota, memungkinkan warga untuk memantau secara virtual kemajuan proyek infrastruktur besar yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka.

Metaverse Mumbai: Jendela Baru ke Pembangunan Kota

Pada Mumbai Tech Week tanggal 18 Februari 2024, Departemen Pariwisata Maharashtra bersama dengan Asosiasi Pengusaha Teknologi Mumbai (TEAM) meluncurkan Megapolis Metaverse Mumbai.

Proyek ini bertujuan untuk merevolusi tata kelola kota dengan menawarkan replika virtual Mumbai, menggabungkan teknologi canggih untuk mendidik dan melibatkan warga.

metaverse mumbai
Mumbai Metropolis Metaverse yang menunjukkan megaproyek di seluruh kota Mumbai – Sumber: mumbaimetaverse.com

Metaverse ini menyediakan pengalaman yang imersif, menampilkan proyek infrastruktur utama di Wilayah Metropolitan Mumbai (MMR).

Dari Jalan Pantai Mumbai hingga Bandara Internasional Navi Mumbai, warga dapat menjelajahi proyek-proyek ini melalui perangkat realitas virtual (VR), aplikasi mobile yang ramah pengguna, dan platform pariwisata resmi Maharashtra.

Pameran Infrastruktur Virtual

Dengan mensimulasikan 12 proyek infrastruktur kunci, Metaverse kembaran digital ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik tentang aspek teknologi, biaya, dan dampak lingkungan yang terlibat.

Inisiatif ini mempromosikan pengembangan infrastruktur berkelanjutan dan mendorong dukungan dari komunitas untuk membentuk masa depan Mumbai, kota dengan lebih dari 21 juta penduduk.

Mumbai Tech Week, perayaan ekosistem teknologi kota, berfungsi sebagai platform untuk kolaborasi dan inovasi. Dengan partisipasi 46 perusahaan teknologi, acara ini berpuncak pada peluncuran besar di Jio World Convention Center, menyoroti metaverse sebagai daya tarik utama untuk berinteraksi dengan kemajuan teknologi Mumbai.

Menghubungkan Teknologi dan Pembangunan Urban

metaverse mumbai
Sumber: NFT News Today

Inisiatif metaverse pemerintah negara bagian ini untuk menampilkan perencanaan dan pengembangan kota berjalan paralel dengan rencana bank sentral India baru-baru ini untuk menjelajahi solusi offline guna meningkatkan adopsi mata uang digital bank sentral (CBDC) mereka, rupee digital, di daerah terpencil negara dengan akses internet terbatas.

Selama pertemuan tinjauan Komite Kebijakan Moneter pada 8 Februari, Gubernur Bank Reserve India (RBI) Shaktikanta Das mengatakan,

“Diusulkan untuk memperkenalkan fungsionalitas offline dalam CBDC-R untuk memungkinkan transaksi di daerah dengan koneksi internet yang buruk atau terbatas. Fungsionalitas ini akan diperkenalkan secara bertahap melalui pilot.”

Secara keseluruhan, peluncuran Megapolis Metaverse Mumbai menandai tonggak penting dalam evolusi pembangunan urban Mumbai. Dengan memanfaatkan potensi teknologi metaverse, Mumbai menyediakan platform yang aman, transparan, dan inovatif bagi warganya untuk terlibat dalam pembangunan kota.

Seiring platform ini terus berkembang, masa depan pembangunan urban dan teknologi metaverse tampak lebih terjalin dari sebelumnya, menjanjikan era baru dalam interaksi digital dan fisik kota.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: