Pemilu 2024 Bakal Diadain di Metaverse? Ini Dia Metaverse Ibu Kota Nusantara!

Pemilu 2024 Bakal Diadain di Metaverse? Ini Dia Metaverse Ibu Kota Nusantara!

Founding Chairman Jagat Nusantara Wishnutama baru-baru ini membagikan rencana pemerintah Indonesia dalam meluncurkan Metaverse bernama Ibu Kota Nusantara (IKN). Seperti apakah Metaverse Ibu Kota Nusantara ini? Simak informasinya seperti dilansir dari laman Bisnis.com berikut ini.

Tren Kehidupan 2023 Didominasi Teknologi dan Digitalisasi

Tren Kehidupan 2023 Didominasi Teknologi dan Digitalisasi
BuddyKu

Wishnutama mengatakan bahwa tren kehidupan di tahun 2023 akan semakin didominasi oleh teknologi dan digitalisasi. Oleh karena itu menurutnya Indonesia harus bersiap berkompetisi memanfaatkan berbagai peluang teknologi yang ada dengan cepat dan tepat termasuk dengan memanfaatkan teknologi Metaverse.

Wishnutama mengatakan:

“Melalui Jagat Nusantara, kami berupaya berkompetisi melalui kreativitas dan inovasi dalam mewujudkan sebuah platform social immersive (lingkup sosial) berbasis web dan mobile yang menghubungkan pengguna dengan dunia virtual.”

Wishnutama meyakini bahwa dengan hadirnya Metaverse, masyarakat dapat memanfaatkan Metaverse untuk mengadakan rapat, pertemuan, menonton film bersama, menikmati pertunjukan konser virtual, dan berbagai interaksi imersif lainnya baik melalui handphone maupun situs web.

Metaverse Ibu Kota Nusantara Digunakan Sebagai Sarana Pemilu 2024?

Metaverse Ibu Kota Nusantara Digunakan Sebagai Sarana Pemilu 2024?
Sekretariat Kabinet

Wishnutama pun optimis bahwa kehadiran Metaverse tidak menutup kemungkinan dapat dimanfaatkan untuk mengadakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di dunia maya. Wishnutama menambahkan bahwa teknologi Metaverse dapat menarik para Gen Z, Milenial, Gen Alfa untuk memanfaatkan berbagai potensi ruang digital.

Pada akhirnya, Wishnutama percaya bahwa teknologi Metaverse akan mampu memberikan dampak secara ekonomi agar tercipta ekonomi baru dan membantu mendongkrak potensi ekonomi digital Indonesia.

Baca Juga: 47% Milenial dan Gen Z Minat Bekerja di Perusahaan Tanpa Pemimpin. Kok Bisa?

Dalam kesempatan lain, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo meyakini bahwa teknologi Metaverse dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan batik dan budaya Indonesia. Seperti apakah ide pemanfaatan teknologi Metaverse yang direncanakan Kemparekraf dalam mengenalkan budaya Indonesia?

Simak informasi selengkapnya mengenai Batik Mendunia Berkat Teknologi Metaverse di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: