Ada Coach, Adidas dan Vogue, Decentraland Kembali Hadirkan Metaverse Fashion Week 2023! Tertarik Ikutan?

author:

Ada Coach, Adidas dan Vogue, Decentraland Kembali Hadirkan Metaverse Fashion Week 2023! Tertarik Ikutan?

Dilansir dari Coindesk (28/2/2023), Metaverse Fashion Week (MVFW) 2023 dari Decentraland kembali hadir mulai dari tanggal 28 hingga 31 Maret.

Menyusul debutnya yang sukses di tahun 2022, acara MVFW akan mempertemukan para desainer dan merek dari berbagai Metaverse untuk memamerkan potensi interoperabilitas dan masa depan fashion digital. Penasaran keseruannya akan seperti apa? Telurusi lebih lanjut, yuk!

MVFW 2023 Mengusung Tema “Future Heritage”

Sumber: Twitter

Metaverse Fashion Week pertama kali diumumkan pada Desember 2021, dan berdasarkan cuitan yang dibagikan oleh akun Twitter Decentraland, MVFW 2023 adalah acara ke-2 yang akan diselenggarakan bersama mitranya, yakni pasar NFT UNXD.

Mengutip dari GeekMetaverse (1/3/2023), acara Metaverse Fashion Week ini bertujuan untuk menampilkan potensi interoperabilitas antara Metaverse terbuka dan mendorong batas-batas apa yang dapat diartikan sebagai mode digital.

Pada tahun 2022 lalu, edisi pertama MVFW berhasil digelar dan berjalan dengan sangat baik. Oleh karenanya, melalui acara MVFW 2023, penyelenggara acara berharap dapat mempertemukan desainer dan merek dari berbagai Metaverse untuk berkolaborasi dan memperluas kemungkinan estetika serta brand.

Mengusung tema kuratorial “future heritage”, tema ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana mode digital dapat digunakan untuk menciptakan warisan budaya dan tradisi baru di dunia virtual.

Penyelenggara acara ini ingin menampilkan potensi fashion digital untuk menciptakan ekspresi dan pengalaman budaya baru yang mencerminkan nilai, ide, dan tradisi dari berbagai komunitas.

MVFS 2023 Adakan Kompetisi Desain Perangkat Wearable

MVFS 2023 Adakan Kompetisi Desain Perangkat Wearable
Sumber: NFTizer

Tidak hanya itu, salah satu nilai inti dari MVFW 2023 adalah interoperabilitas. Penyelenggara acara ini berkomitmen untuk menampilkan potensi berbagai Metaverse untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam proyek lintas platform.

Selama acara berlangsung, tema interoperabilitas akan disorot, termasuk kompetisi desain perangkat wearable lintas platform yang berkolaborasi dengan platform dunia virtual Spacial and Over.

Para pemenang kompetisi nantinya akan berkesempatan untuk ditampilkan dalam catwalk hybrid AR/IRL (dalam kehidupan nyata) di festival 4 hari di Milan, Italia.

Tidak kalah penting, NFT juga akan memainkan peran dalam MVFW 2023. Semua merek yang terdaftar sekarang dapat menghubungkan atau mentautkan NFT eksternal mereka ke pakaian virtual di Decentraland, menandakan sebuah perubahan signifikan dari acara tahun lalu.

Menurut laporan, tautan ini juga berfungsi dengan NFT yang dilampirkan pada produk fisik, menyederhanakan brand dalam menampilkan kembaran digital yang siap pakai dari para fashionista dunia nyata.

Baca juga: Prediksi Harga Decentraland (MANA) 2023, 2025, dan 2030: Siap Tembus Rp200 Ribu?

Brand dan Organisasi yang akan Berpartisipasi di MVFS 2023

Berdasarkan postingan blog-nya, Decentraland menjanjikan Metaverse Fashion Week 2023 menjadi acara yang unik, dengan deretan peragaan busana virtual yang menampilkan beberapa perancang busana dan merek paling inovatif di industri ini secara menarik.

Beberapa merek dan organisasi terkenal akan berpartisipasi dalam MVFW 2023, termasuk Boson Protocol, sebuah pasar untuk barang-barang yang disebut “phygital”. Telah ikut berpartisipasi tahun lalu, Boson Protocol siap untuk memamerkan inovasi terbarunya.

Selain itu, Rubin Singer, seorang perancang busana yang membuat sebuah karya digital dengan berkolaborasi bersama para perancang Asia tahun ini juga turut memeriahkan MVFS 2023.

Bersama dengan desainer komunitas Decentraland, Dolce & Gabbana, Tommy Hilfiger, COACH, Adidas, DKNY, Vogue Singapore, Monnier Paris, DUNDAS, Phygicode Dress, dan lainnya siap memamerkan masa depan fashion digital di Metaverse Fashion Week 2023.

Selain peragaan busana virtual, MVFS 2023 juga akan menghadirkan berbagai acara dan kegiatan lain yang berlangsung, termasuk diskusi panel, lokakarya interaktif, bahkan pesta virtual.

Tak hanya itu, Metaverse Fashion Week 2023 menjanjikan pengalaman unik yang menyatukan dunia mode, teknologi, dan game dengan cara yang menarik.

Cara Menghadiri Metaverse Fashion Week 2023

Cara Menghadiri Metaverse Fashion Week 2023
Sumber: Chain Witcher

Untuk menghadiri acara Metaverse Fashion Week 2023 di Decentraland terbilang sangat mudah, karena dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet.

Agar bisa berpartisipasi dalam acara tersebut, pengguna hanya perlu komputer atau perangkat seluler dan akses ke dunia virtual Decentraland.

Jika berminat menghadiri acara MVFS 2023, pengguna cukup masuk ke platform Decentraland selama tanggal acara, yakni 28-31 Maret 2023, dan dapat langsung mengarahkan ke lokasi MVFW 2023.

Dari sana, pengguna dapat menjelajahi peragaan busana virtual, menghadiri diskusi panel dan lokakarya, serta berinteraksi dengan peserta lain dari seluruh dunia.

Bukan hanya Decentraland yang meluncurkan sebuah acara menarik. baru-baru ini RLTY juga meluncurkan platform event virtual yang menarik tanpa harus memiliki skill coding. Mau tau lebih lanjut? Baca selengkapnya di Luncurkan Platform Private Metaverse, Kini Kamu Bisa Buat Event Sendiri Tanpa Coding!


Referensi: