Metaverse dalam Dunia Kesehatan: Diprediksi Bakal Capai Nilai Pasar $48 Miliar di 2030!

Metaverse dalam Dunia Kesehatan: Diprediksi Bakal Capai Nilai Pasar $48 Miliar di 2030!

Metaverse dalam dunia kesehatan diprediksi akan mencapai nilai pasar sebesar $48,67 miliar pada tahun 2030. Dengan pertumbuhan tahunan sebesar 35,60% dari tahun 2022 hingga 2030, Metaverse di bidang kesehatan ini akan menjadi revolusi baru dalam dunia medis. Kira-kira apa faktor yang akan mempengaruhi valuasi Metaverse di tahun 2030 mendatang? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Metaverse: Solusi Baru dalam Dunia Medis

metaverse di dunia medis
Sumber: The Brain Insights

Metaverse adalah ruang virtual yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan pengguna lainnya. Dalam dunia kesehatan, Metaverse memanfaatkan teknologi seperti kecerdasan buatan, virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) untuk memberikan perawatan medis yang terorganisir.

Salah satu aplikasi utama Metaverse dalam kesehatan adalah pemantauan pasien jarak jauh, yang memungkinkan pasien dan dokter bertemu di ruang virtual klinik melalui kembaran digital mereka.

Metaverse juga memungkinkan profesional medis untuk mendiagnosis pasien dengan lebih teliti dan merencanakan perawatan jangka panjang yang optimal. Tingkat keberhasilan prosedur bedah meningkat ketika teknologi Metaverse digunakan untuk memahami penyakit atau gangguan pasien dengan pandangan lengkap tubuh manusia, yang dimungkinkan oleh AR.

Baca Juga: Arab Kenalkan Klinik Metaverse, Berobat Jadi Makin Praktis Gak Pake Antre!

Peluang dan Tantangan Metaverse dalam Kesehatan

masa depan metaverse di kesehatan
Sumber: Acceleration Economy

Meski menjanjikan, pengembangan Metaverse dalam kesehatan membutuhkan banyak modal. Teknologi canggih yang digunakan oleh metaverse dalam kesehatan membuatnya menjadi usaha yang mahal.

Namun, dengan meningkatnya permintaan untuk perawatan kesehatan yang lebih baik, pemain pasar mulai berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan teknologi Metaverse.

Hal ini akan memicu persaingan yang akan mendorong pengembangan produk, teknologi, dan perangkat yang lebih baik. Namun, tantangan terbesar adalah masalah keamanan data. Metaverse dalam kesehatan memiliki akses ke riwayat medis pasien yang sensitif, yang berpotensi bocor karena teknologi komunikasi data yang tidak aman. Oleh karena itu, otoritas yang relevan harus menjaga standar keamanan dan privasi data yang tinggi.

Meski masih ada tantangan yang harus dihadapi, Metaverse dalam dunia kesehatan menjanjikan masa depan yang cerah. Dengan pertumbuhan pasar yang pesat dan potensi revolusi dalam dunia medis, Metaverse dalam kesehatan bisa menjadi solusi baru dalam memberikan perawatan medis yang lebih baik dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: