Manfaat Tersembunyi Metaverse, Berpotensi Mendinginkan Bumi! Kok Bisa?

Manfaat Tersembunyi Metaverse, Berpotensi Mendinginkan Bumi! Kok Bisa?

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa Metaverse, dunia virtual yang semakin populer, dapat berkontribusi pada penyejukan permukaan Bumi. Lantas, bagaimana hal ini bisa terjadi? Mari kita telusuri lebih lanjut dalam artikel ini!

Dampak Positif Metaverse terhadap Lingkungan

dampak positif metaverse
Sumber: Peakpx

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Energy and Environmental Science, Metaverse—yang biasanya dikritik karena konsumsi energi yang besar—kini mungkin memiliki dampak lingkungan yang tidak terduga.

Para peneliti menemukan bahwa server yang menggerakkan Metaverse bisa berpotensi menghasilkan cukup dingin untuk menyejukkan permukaan Bumi.

Bukan hanya itu, proses ini juga dapat membantu dalam menyerap panas berlebih yang diproduksi oleh perangkat elektronik lainnya. Ini merupakan kejutan besar, mengingat sejauh ini Metaverse lebih banyak dilihat sebagai beban energi dan ancaman lingkungan.

Baca Juga: Revolusi Fashion Roblox: Kolaborasi Menawan antara DRESSX dan Mackenzie Turner!

Pemanfaatan Energi dalam Metaverse

metaverse dan bumi
Sumber: NFT Evening

Server yang menggerakkan metaverse memang menggunakan sejumlah besar energi. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa efek samping dari konsumsi energi ini mungkin bukan semata-mata negatif.

Bila dikelola dengan baik, panas berlebih dari server ini dapat dipergunakan untuk penyejukkan alamiah, berbalik dari paradigma sebelumnya yang menganggapnya sebagai limbah.

Pemanfaatan efek ini dapat berarti bahwa metaverse bukan hanya tempat hiburan, tapi juga berpotensi menjadi instrumen penting dalam upaya mitigasi perubahan iklim.

Baca Juga: The Weeknd Luncurkan Pengalaman Tur Metaverse Interaktif yang Menarik!

Menimbang Dampak dan Potensi Metaverse

Walaupun ide ini sangat menarik, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami sepenuhnya dampak dan potensinya. Bagaimanapun, temuan ini membuka perspektif baru tentang bagaimana teknologi seperti Metaverse dapat berkontribusi terhadap upaya lingkungan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: