Metaplex Memperkenalkan Standar Baru, Harga Solana (SOL) Bereaksi!

author:

Metaplex Memperkenalkan Standar Baru, Harga Solana (SOL) Bereaksi!

Apakah kamu siap untuk menyaksikan revolusi terbaru di dunia crypto? Metaplex, protokol aset digital terdepan di Solana, baru saja mengumumkan standar baru yang akan mengubah cara penyimpanan data NFT di blockchain.

Dengan inovasi ini, harga SOL tercatat melonjak, menandakan era baru bagi para penggemar crypto.

Metaplex Luncurkan Standar Baru

metaplex perkenalkan standar baru solana
Sumber: X

Metaplex telah memperkenalkan Inscriptions dan Engravings, yang merupakan standar baru untuk aset digital yang sepenuhnya tersimpan di blockchain Solana. Sebelumnya, sebagian besar NFT di Solana menyimpan media mereka di layanan eksternal seperti Arweave, IPFS, dan S3, namun kini dengan Metaplex Inscriptions, semua metadata dan media aset dapat disimpan langsung di Solana.

Baca jug: Hadiah Besar Menanti Pengguna Solana: Jupiter Crypto Siap Bagikan 4 Miliar Token!

Hal ini menghilangkan asumsi kepercayaan eksternal dan membuka kemungkinan lebih besar untuk komposabilitas atribut on-chain dan kontrak pintar. Dengan fitur Engravings, Solana akan menyambut NFT yang benar-benar tidak dapat diubah untuk pertama kalinya.

Engraver menambahkan lapisan keamanan tambahan yang memastikan tidak ada perubahan yang dapat dilakukan pada NFT yang telah di-Engrave. Aset digital ini akan dilindungi, terlepas dari apakah program asalnya tidak dapat diubah atau tidak.

Metaplex telah mengirimkan kedua program ini ke devnet, dan pengguna sekarang dapat mencetak NFT baru atau mengonversi yang sudah ada, dengan Inscriptions yang diberikan berdasarkan siapa cepat dia dapat.

Solana Menikmati Kenaikan Harga

harga solana
Sumber: Tradingview

Sejak pengumuman Metaplex, harga SOL telah mengalami kenaikan sekitar 2,77%, menurut data dari CoinMarketCap. Pada saat penulisan (19/12/23), SOL bernilai $74,46, dengan volume perdagangan 24 jam yang meningkat lebih dari 28% selama hari sebelumnya, mencapai $2.231.628.824.

Kapitalisasi pasar SOL pun meningkat menjadi $32.466.089.271, menjadikannya mata uang crypto terbesar keenam berdasarkan kapitalisasi pasar. Kenaikan harga SOL masih terlihat jelas, dengan kenaikan lebih dari 5% dalam kerangka waktu mingguan.

Harga token juga telah meningkat sebesar 25,04% selama bulan perdagangan terakhir. Ini menunjukkan bahwa inovasi Metaplex telah memberikan dampak positif pada nilai mata uang digital ini di pasar.

Baca juga: Heboh! Pasar Bitcoin Ordinals Pecahkan Rekor dengan Volume Perdagangan $36 Juta

Metaplex dan MPLX Naik Daun

Industri crypto telah menyaksikan lonjakan dalam inscriptions, sebagian didorong oleh apa yang dipelajari pasar dari Ordinals Bitcoin. Token ORDI, misalnya, telah melihat kenaikan harga yang signifikan karena meningkatnya minat dalam inscriptions.

Untuk Metaplex, standar baru ini berarti metadata dan media NFT akan disimpan di Solana, bukan pada penyedia eksternal. Harga Metaplex (MPLX) terbang tinggi menyusul berita ini, diperdagangkan hingga $0,28.

Data dari CoinGecko menunjukkan harga MPLX telah meningkat lebih dari 55% dalam 24 jam terakhir. Dengan momentum kenaikan yang terjadi baru-baru ini, Metaplex telah melonjak lebih dari 300% sejak pertengahan November.

Secara keseluruhan, kemajuan Metaplex dengan standar baru mereka telah membawa angin segar ke dalam ekosistem Solana dan pasar crypto secara keseluruhan. Dengan inovasi yang memungkinkan penyimpanan data NFT sepenuhnya di blockchain dan menciptakan NFT yang benar-benar tidak dapat diubah, masa depan crypto tampak semakin cerah.

Kenaikan harga SOL dan MPLX hanya menegaskan potensi besar yang dimiliki oleh teknologi blockchain ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: