Metamesta Dinobatkan Jadi Kata Tahun Ini. Ternyata Ini Artinya!

Metamesta Dinobatkan Jadi Kata Tahun Ini. Ternyata Ini Artinya!

Berdasarkan informasi dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek telah menetapkan kata “metamesta” sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2022. Metamesta adalah padanan kata dari Metaverse. Mengapa kata metamesta dipilih sebagai padanan kata Metaverse? Simak jawabannya seperti dilansir dari laman medcom.id berikut ini.

Kata Metasemesta Merupakan Usulan dari Masyarakat

Kata Metasemesta Merupakan Usulan dari Masyarakat
Medcom.id

Kata metamesta diambil dari dua gabungan kata. Kata yang pertama adalah meta yang memiliki arti perubahan, transformasi, dan melampau. Sedangkan kata yang kedua adalah semesta yang berarti seluruh, segenap, semuanya, dan seluruh dunia atau universal.

Endang Aminudin Azis, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, mengatakan bahwa menurut KBBI metamesta memiliki arti ruang realitas virtual dalam lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan melalui program komputer.

Baca Juga: Wow! Batik Mendunia Berkat Teknologi Metaverse!

Kata metamesta pertama kali tercatat di KBBI pada April 2022 yang lalu dan merupakan usulan dari seseorang bernama Erlangga Saputra. Endang menambahkan bahwa:

“Metaverse memiliki konsep kecepatan perubahan transformasi digital yang mampu meningkatkan ekspektasi masyarakat terhadap kegunaan ruang virtual.”

Pemerintah Ciptakan Metaverse Ibu Kota Nusantara!

Pemerintah Ciptakan Metaverse Ibu Kota Nusantara!
Kemenko PMK

Konsep Metaverse ini tak hanya menarik perhatian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dalam mencari padanan kata Metaverse dalam bahasa Indonesia. Konsep Metaverse ini juga faktanya menarik perhatian berbagai aspek masyarakat termasuk pemerintah pusat.

Ketertarikan pemerintah terhadap perkembangan teknologi Metaverse ini kemudian mendorong pemerintah Indonesia untuk meluncurkan Metaverse bernama Ibu Kota Nusantara dalam sebuah platform digital bernama Jagat Nusantara pada 28 Oktober 2022 lalu di The Ballroom Djakarta Theater.

Founding Chairman Jagat Nusantara Wishnutama baru-baru ini membagikan rencana pemerintah Indonesia mengenai Metaverse bernama Ibu Kota Nusantara (IKN). Seperti apakah Metaverse Ibu Kota Nusantara ini? Simak informasi selengkapnya mengenai Metaverse Ibu Kota Nusantara di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: