MetaMask Luncurkan Transaksi Cerdas untuk Mengurangi Biaya dan Meningkatkan Privasi!

author:

MetaMask Luncurkan Transaksi Cerdas untuk Mengurangi Biaya dan Meningkatkan Privasi!

Jakarta, Pintu News – MetaMask, dompet Ethereum populer yang dikembangkan oleh ConsenSys, baru saja meluncurkan fitur baru yang disebut Smart Transaction atau Transaksi Cerdas.

Fitur ini bertujuan untuk memberikan tingkat keberhasilan transaksi yang lebih baik, mengurangi biaya gas, dan melindungi pengguna dari serangan MEV (Maximal Extractable Value) yang berbahaya seperti frontrunning dan sandwiching.

Transaksi Cerdas: Solusi untuk Masalah Biaya dan Privasi

Sumber: X

Pengguna MetaMask telah lama mengeluhkan biaya dan spread yang tinggi pada token swap dan transaksi dalam dompet. Transaksi Cerdas hadir sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: Integrasi Revolut dengan MetaMask, Apa Keuntungan Bagi Penggunanya?

Fitur ini memungkinkan transaksi tetap bersifat pribadi hingga dikonfirmasi di on-chain, yang berarti bot tidak dapat melakukan frontrunning. Tingkat keberhasilan transaksi juga ditingkatkan karena Transaksi Cerdas menjalani “simulasi awal menggunakan layanan simulasi tepat waktu MetaMask”.

Selama pengujian beta, sistem baru ini memberikan tingkat keberhasilan transaksi sebesar 99,5%, jauh di atas benchmark industri. ConsenSys mencatat bahwa peningkatan baru ini memanfaatkan “teknologi virtualisasi mempool baru” yang telah dikembangkan perusahaan.

Selain itu, pengguna dapat memantau status real-time dari transaksi yang tertunda pada dasbor baru langsung di dalam dompet tanpa harus menavigasi ke block explorer pihak ketiga.

Cara Kerja Transaksi Cerdas

Transaksi Cerdas bekerja dengan cara memvirtualisasikan mempool Ethereum, yang merupakan kumpulan transaksi yang menunggu untuk dikonfirmasi.

Ketika pengguna mengirimkan transaksi, MetaMask akan terlebih dahulu mensimulasikan transaksi tersebut untuk memperkirakan biaya gas dan kemungkinan keberhasilannya.

Jika simulasi berhasil, transaksi akan dikirim ke mempool Ethereum. Namun, jika simulasi gagal, MetaMask akan secara otomatis membatalkan transaksi dan mengembalikan biaya gas kepada pengguna. Hal ini mencegah pengguna dari membayar biaya gas yang tinggi untuk transaksi yang kemungkinan besar akan gagal.

Baca juga: Robinhood Crypto Luncurkan Layanan Staking Solana Khusus di Eropa

Manfaat Transaksi Cerdas

Transaksi Cerdas menawarkan sejumlah manfaat bagi pengguna MetaMask, di antaranya Transaksi Cerdas dapat membantu pengguna menghemat biaya gas dengan mensimulasikan transaksi terlebih dahulu dan hanya mengirimkan transaksi yang kemungkinan besar akan berhasil.

Selanjutnya, Transaksi Cerdas menjaga privasi pengguna dengan tidak mengungkapkan informasi transaksi hingga transaksi tersebut dikonfirmasi di on-chain. Lebih lanjut, Transaksi Cerdas memiliki tingkat keberhasilan transaksi yang tinggi karena menjalani simulasi awal sebelum dikirim ke mempool Ethereum.

Dan terakhir, pengguna dapat memantau status real-time dari transaksi yang tertunda pada dasbor baru langsung di dalam dompet MetaMask.

Secara keseluruhan, peluncuran Transaksi Cerdas menunjukkan komitmen MetaMask untuk terus berinovasi dan meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan fitur baru ini, MetaMask berharap dapat memberikan layanan yang lebih baik bagi pengguna dan membantu mereka mengelola aset kripto mereka dengan lebih aman dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bitcoin News