MetaMask Luncurkan Alat Baru dan Tawarkan Rp1,5 Miliar untuk Meningkatkan Integrasi Gaming

author:

MetaMask Luncurkan Alat Baru dan Tawarkan Rp1,5 Miliar untuk Meningkatkan Integrasi Gaming

Guna memberikan dukungan bagi pemain Web3, platform terkemuka pengembang game, Unity, memperkenalkan etalase online untuk alat yang terdesentralisasi.

Di antara banyaknya platform yang dimasukkan ke dalam daftar Toko Aset Unity, MetaMask, blockchain Solana dan Tezos ada di dalamnya.

MetaMask Rilis SDK di Toko Aset Unity

Menurut laporan Cointelegraph (1/3/23), platform pengembangan video game, Unity, telah menambahkan banyak platform crypto ke dalam toko asetnya untuk membantu para pengembang yang tertarik dengan teknologi Web3 dalam mengoptimalkan upaya desentralisasi.

Pada 28 Februari 2023, Unity mengatakan telah merilis halaman kategori “Desentralisasi” baru di toko asetnya, dengan platform crypto yang sudah “diperiksa” untuk mendukung pengembang yang tertarik untuk menggabungkan desentralisasi ke dalam proyek mereka.

Di antara beberapa platform tersebut, penyedia dompet crypto, MetaMask, menjadi salah satunya.

Baca juga: Perusahaan Ini Luncurkan Platform Private Metaverse, Bisa Buat Event Sendiri Tanpa Coding!

Sumber: Twitter

Hal ini juga dibagikan langsung oleh akun Twitter MetaMask pada 1 Maret 2023, yang mengatakan peluncuran MetaMask SDK (Software Development Kit) di Unity Asset Store memungkinkan para developer untuk menghubungkan game mereka ke dompet, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan fitur-fitur yang mendukung web3 di dalam game.

MetaMask Tawarkan Rp1,5 Miliar

MetaMask Tawarkan Rp1,5 Miliar
Sumber: Medium

Menurut laporan U Today (1/3/23), MetaMask mengatakan bahwa mereka merancang SDK karena ekosistem game Web 3.0 berkembang dengan kecepatan yang sangat sporadis.

Dengan demikian, ada kebutuhan akan dompet kompatibel yang dapat menahan skala pertumbuhan. Untuk mendorong adopsi SDK MetaMask, dompet crypto ini menawarkan $100.000 atau setara Rp1,5 miliar kepada pengembang game untuk mentransisikan game mereka ke alat baru tersebut. Dijuluki Program Pengembang Web3 Awal, MetaMask mengatakan akses ke hibah ini dapat melalui aplikasi yang juga akan membuka peluang tambahan bagi mereka yang berpartisipasi.

Sejak dirilis pertama kali pada tahun 2016, MetaMask telah menjadi kekuatan dominan dalam pertumbuhan ekosistem DeFi.

Selain berfungsi sebagai salah satu resor utama pertama bagi pengguna Web 3.0 yang ingin melindungi aset mereka, MetaMask juga telah membantu menjaga pengguna agar tetap waspada terhadap banyak penipuan dan eksploitasi yang beredar di dunia maya.

Integrasi SDK di Unity

Integrasi MetaMask SDK di Unity
Sumber: The Defiant

Mengutip dari laporan Cointelegraph, blockchain, termasuk Solana dan Tezos, juga telah menambahkan SDK (Software Development Kit) mereka ke toko Unity, teruntuk mereka yang ingin membangun game Web3 di blockchain.

Menurut Unity, integrasi ini akan memungkinkan pengembang untuk memodifikasi “model kepemilikan” dalam game dan memungkinkan pemain untuk membuat, mendapatkan, atau memperoleh sumber daya dalam game, yang kemudian dapat diperdagangkan atau dijual.

Baru-baru ini, DappRadar mengungkapkan bahwa para gamer membuat hampir setengah atau 48% dari semua aktivitas blockchain pada Januari 2023.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa peningkatan liputan utama dari pengumuman dan berita yang terkait dengan game Web3 berkontribusi pada peningkatan aktivitas.

Sara Gherghelas, seorang analis blockchain di DappRadar, sebelumnya mengatakan kepada Cointelegraph bahwa game blockchain sudah menjadi “vertikal” dalam industri tradisional. Gherghelas percaya bahwa ketika teknologi blockchain mendapatkan lebih banyak daya tarik, itu juga akan membawa “lebih banyak adopsi” ke game Web3, yang akan “menjadi mainstream.”

Tidak hanya integrasi SDK di Unity, pada awal Februari 2023 lalu, Immutable X juga telah luncurkan alat baru, yakni “Immutable Passport” untuk pemain Web3. Kira-kira seperti apa alat baru tersebut? Temukan jawaban lengkapnya di Makin Canggih, ImmutableX Luncurkan Alat Baru Untuk Gamer Web3. Apa Gunanya?


Referensi: