Meta Ubah Haluan ke Metaverse Korporat: Apa Artinya Bagi Masa Depan Teknologi?

author:

Meta Ubah Haluan ke Metaverse Korporat: Apa Artinya Bagi Masa Depan Teknologi?

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan, Meta, perusahaan terkemuka di dunia, mengisyaratkan perubahan strategi besar-besaran dari fokus pada pengalaman pengguna individu ke pendekatan yang lebih berorientasi pada korporat dalam ekosistem Metaverse.

Langkah ini menandai pergeseran signifikan bagi perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook, menunjukkan adaptasi terhadap tren teknologi terkini dan kebutuhan pasar.

Metaverse untuk Korporat

Meta mengungkapkan bahwa aplikasi metaverse untuk perusahaan dan pendidikan akan menunjukkan nilai yang signifikan, menandakan bahwa fokus utama perangkat keras Quest headset akan pada peningkatan adopsi korporat.

Baca juga: Nissan Luncurkan Pengalaman Metaverse yang Unik untuk Edukasi Keselamatan Berkendara

Meskipun hype metaverse telah “mati” menurut Meta, perusahaan menunjuk AI sebagai pusat perhatian baru, namun tetap menekankan kasus penggunaan bisnis seperti alat kolaborasi gambar bantuan komputer dan berbagai alat perusahaan sebagai bukti arah metaverse di tahun 2024 dan seterusnya.

Meta menekankan potensi pelatihan dan pendidikan dalam menciptakan pengalaman imersif bersama yang berharga. Sebagai contoh, Meta menyoroti demo kolaborasi bernama Caddy, yang memungkinkan kelompok jarak jauh bekerja pada model CAD VR/MR, menunjukkan bagaimana VR/MR dapat meningkatkan aksesibilitas ke alat seperti perangkat lunak CAD dan pemodelan 3D.

Kecerdasan Buatan Portabel

Meta juga menyoroti model bahasa besar (LLM) on-board sebagai salah satu dari tiga perubahan permainan utama untuk metaverse. Berbeda dengan sistem canggih seperti ChatGPT dari OpenAI dan Claude dari Anthropic yang memerlukan konektivitas cloud untuk aplikasi pengguna akhir, LLM on-board dapat berfungsi sepenuhnya pada perangkat.

Dengan LLM on-board, Meta berharap untuk menggabungkan perangkat keras Metaverse dengan realitas tertambah untuk menciptakan tampilan informatif untuk kehidupan sehari-hari. Langkah ini telah mulai terjadi dengan kedatangan Meta AI pada kacamata pintar Ray-Ban Meta dan pengenalan fitur multimodal dalam Akses Awal.

Baca juga: Arab Saudi Meluncurkan Metaverse Budaya: Langkah Besar dalam Pelestarian Warisan!

Alat Pesan Bisnis

meta bitcoin
Sumber: BuyUcoin

Entri ketiga dalam daftar perubahan permainan utama Meta untuk Metaverse adalah alat pesan bisnis. Meta menekankan bahwa orang mengharapkan berinteraksi dengan merek dan bisnis yang mereka dukung dengan cara baru yang lebih pribadi.

Dengan munculnya alat AI generatif dan pencarian tak henti-hentinya untuk monetisasi, kita mungkin akan melihat sebagian dari interaksi ini mulai menyaring ke dalam metaverse.

Meta tetap berkomitmen pada metaverse, meskipun minat konsumen dan perusahaan itu sendiri tampaknya menurun.

Namun, divisi penelitian XR Meta baru-baru ini menghasilkan keuntungan kuartalan untuk pertama kalinya, menghasilkan £1 miliar dalam periode tersebut, menandai tahun efisiensi yang mungkin telah memberi Meta waktu untuk mundur dari ambisi tingginya dan merumuskan strategi baru untuk menghadapi ruang XR yang terus berkembang.

Secara keseluruhan, perubahan strategi Meta menuju fokus korporat dalam ekosistem metaverse menandai babak baru dalam evolusi teknologi dan penggunaannya dalam bisnis.

Dengan mengintegrasikan AI dan realitas tertambah, Meta berupaya menciptakan solusi yang tidak hanya meningkatkan produktivitas dan kolaborasi dalam lingkungan korporat tetapi juga membuka peluang baru dalam pendidikan dan pelatihan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Hyperlex