Meta Dalam Sorotan, Rencana Besar di Dunia Crypto Terungkap?

Meta Dalam Sorotan, Rencana Besar di Dunia Crypto Terungkap?

Terdapat spekulasi yang berkembang mengenai langkah besar yang mungkin diambil oleh Meta, induk perusahaan Facebook, dalam industri crypto dan blockchain. Hal ini muncul setelah Maxine Waters, anggota kongres AS, mendesak perusahaan untuk memberikan penjelasan terkait lima aplikasi merek dagang yang berkaitan dengan crypto dan blockchain yang diajukan pada tahun 2022. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Desakan dari Kongres AS

Sebagai anggota senior dari Komite Jasa Keuangan DPR AS, Maxine Waters telah mengirimkan surat kepada Mark Zuckerberg, CEO Meta, dan Javier Olivan, COO perusahaan. Surat tersebut meminta penjelasan tentang lima aplikasi merek dagang yang diajukan oleh Meta, yang menandakan potensi perluasan bisnis mereka ke dalam dunia aset digital.

surat dari kongres as
Pembukaan surat Waters kepada Zuckerberg dan Olivan. Sumber: House Financial Services Committee

Sebelumnya, Meta telah mengumumkan penghentian proyek crypto mata uang stabil mereka, Diem (sebelumnya dikenal sebagai Libra), dan menjual aset terkait ke Silvergate Bank yang saat ini mengalami kegagalan. Meta telah mendapatkan Pemberitahuan Izin (NOA) untuk setiap aplikasi merek dagang, yang berarti aplikasi tersebut telah memenuhi syarat untuk didaftarkan.

Perusahaan ini diharuskan untuk memberikan tanggapan atas NOA pertama yang diterima sebelum pertengahan Februari 2023. Waters ingin mengetahui bagaimana Meta akan menanggapi NOA tersebut dan apakah mereka berencana untuk meluncurkan platform pembayaran crypto.

Baca Juga: Terobosan Baru, AMBBi dan LBank Labs Membuka Era Digital!

Kebijakan Meta Terhadap Crypto

Sejak rencana awal mereka untuk meluncurkan mata uang digital dan dompet digital Novi, Meta telah mendapat sorotan dari pembuat kebijakan. Meskipun terdapat indikasi bahwa Meta telah menghentikan inisiatif aset digital mereka, aplikasi merek dagang terbaru menunjukkan bahwa perusahaan mungkin belum sepenuhnya meninggalkan ambisi mereka di sektor crypto.

Waters meminta Meta untuk menjelaskan seberapa jauh mereka telah mengeksplorasi stablecoin atau menjalin kemitraan dengan proyek stablecoin lainnya.

Meta juga ditanyakan tentang rencana mereka dalam mengadopsi teknologi ledger terdistribusi (DLT) dan bagaimana teknologi ini dapat mendukung fungsi crypto dalam metaverse yang mereka kembangkan. Sampai saat ini, Meta belum memberikan jawaban atas permintaan komentar terkait pertanyaan tersebut.

Kesimpulan

Dengan banyaknya pertanyaan yang masih menggantung dan tenggat waktu yang semakin dekat untuk memberikan respons atas NOA, banyak pihak yang menunggu langkah apa yang akan diambil oleh Meta. Apakah ini menandakan bahwa Meta akan kembali dengan proyek crypto yang lebih besar dan lebih berani? Atau mungkin ini hanya langkah hukum untuk mengamankan inovasi yang akan datang?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi